Pengembangan Alat Peraga Matematika Diagram Venn untuk Materi Himpunan Bagi Siswa Kelas VII SMP

Alfina Nurhaliza, Azizah Nurul Wahidah, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelayakan sebuah alat peraga matematika berupa DIAGRAM VENN untuk materi himpunan pada siswa SMP/MTS kelas VII. Alat peraga ini mengandung unsur permainan yang dapat meningkatkan keaktifan siswa dan menambah antusias siswa dalam proses belajar. Model penelitian yang digunakan yaitu model 4-D yang terdiri dari 4 tahap diantaranya, Define (Pendefinisin), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebarluasan). Kegiatan penelitian dilaksanakan di MTsS Muhammadiyah Kasihan Bantul dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang sebagai subjek penelitian. Alat peraga ini telah dikembangkan dan telah ditelaah oleh ahli materi dan media dengan hasil rata-rata persentase penilaian berjumlah 86.8%, sehingga masuk kedalam kategori “Sangat Valid”. Hasil penilaian kepraktisan alat yang diberikan oleh siswa berdasarkan angket yang disebar memberikan hasil persentase 74.35% sehingga masuk kedalam kategori “Praktis”. Berdasarkan hasil skor penilaian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga DIGRAM VENN yang peneliti kembangkan adalah “Layak”.

Keywords


Pengembangan; Alat Peraga Matematika; Himpunan; Diagram Venn

Full Text:

PDF

References


Jagom, Y. O., Uskono, I. V., & Fernandez, A. J. (2020). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Sebagai Media Pembelajaran Di SD Oebola Di Nusa Tenggara Timur. Jurnal Abdidas, 1(5), 339-344.

Mirah, F. S., Marlina, R. I. N. A., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kesulitan belajar pada materi himpunan siswa SMP kelas VII. Prosiding SESIOMADIKA, 332-337.

Napitupulu, Y. L. (2015). PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DENGAN TIPE STAD MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII SMP N 1 SIANTAR NARUMONDA TA 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIMED).

Ruseffendi, E.T. (1981). Pengajaran Matematika Modern. Seri ke-4. Bandung: Tarsito.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.