Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Materi Matriks

Intan Kesumaningsari, Soffi Widyanesti Priwantoro

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pundong dan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Soal tes menggunakan bahan matriks dan peneliti sendiri dijadikan sebagai instrumen penelitian.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga jenis kesulitan belajar peserta didik pada materi matriks: 1) peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami konsep, 2) peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami maksud pertanyaan, dan 3) peserta didik mengalami kesulitan dalam menggunakan operasi perhitungan.

Keywords


Kesulitan Belajar, Matriks

Full Text:

PDF

References


Andani, T., Badruzzaman, F. H., & Harahap, E. (2020). Operasi Matriks Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan MATLAB Matrix Operations as Learning Media Using MATLAB. 19(2), 33–45.

Ba’ru, Y. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kota Rantepao. Jurnal Daya Matematis, 4(1), 83. https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2454

Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1. https://doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1636

Farida, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa (Vol. 1, Issue 1).

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Kekongruenan Dan Kesebangunan. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 158–170. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.444

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36. http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/232

Unaenah, N. A. and E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123–133. https://doi.org/10.47353/bj.v2i1.48

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jupendas, 2(2), 1–10.

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman Dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1), 2119–2136. https://doi.org/10.26418/jvip.v9i1.24806


Refbacks

  • There are currently no refbacks.