ANALISIS KESALAHAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI BERDASARKAN TEORI NEWMAN

Desca Panimbarini, Rusmining Rusmining

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal trigonometri pokok bahasan rumus jumlah dan selisih dua sudut dan perbandingan trigonometri berdasarkan teori Newman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dengan metode analisis kualitatif model alir (flow model) yaitu mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat miskonsepsi siswa dalam membaca masalalah (reading), kesalahan memahami masalah (comprehension) dalam menangkap informasi dan salah dalam menuliskan apa yang diketahui, kesalahan transformasi (transformation), peserta didik melakukan kesalahan dikarenakan tidak dapat mengubah ke bentuk model matematika yang benar dan tidak teliti dalam melakukan proses perhitungan, kesalahan kemampuan proses (processing skill), peserta didik dalam mengerjakan soal menggunakan rumus dan langkah-langkah yang tidak tepat, kesalahan penarikan kesimpulan (encoding), peserta didik tidak terbiasa dalam menuliskan jawaban akhir (kesimpulan) dan adanya kesalahan pada proses perhitungan.


Keywords


Analisis Kesalahan, Trigonometri, Teori Newman

Full Text:

PDF

References


Zakaria, E., Chin, L. C., & Daud, M. Y. (2010). The effects of cooperative learning on students’ mathematics achievement and attitude towards mathematics. Journal of social sciences, 6(2), 272-275.

Hidayat, W., & Aripin, U. (2020). Identifikasi kesalahan jawaban mahasiswa pada mata kuliah trigonometri berdasarkan dimensi pengetahuan krathwohl. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 142-153.

Insani, M. I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Epistemological Obstacle Siswa SMA pada Materi Trigonometri. JPMI - Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 547–558. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.547-558

Ayu, L. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMK Kelas XI Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Sigma, 5(2), 49. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.733

Cahyani, A., & Aini, I. N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan kriteria watson. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 365-372.

Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.

Mahmudah, W. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika bertipe Hots berdasar Teori Newman. Jurnal UJMC, 4(1), 49-56.

Maulana, F., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMADalam Menjawab Soal Dimensi Tiga Berdasarkan Teori Newman. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Fuadiah, S. M. P. N. F. (2019). Jurnal Silogisme. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 2(2), 74–83.

Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of mathematics performance of grade five students in Thailand using Newman procedure. Journal of International Cooperation …, 9(1), 111– 122.

Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dan Scaffolding-Nya Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Malang. 2(2), 109–116. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.7161


Refbacks

  • There are currently no refbacks.