ANALISIS MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR BERDASARKAN GENDER
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui minat belajar matematika peserta didik dengan materi Penyederhanaan Bentuk Aljabar untuk Kelas VII D SMP N 3 Bantul dengan model discovery learning . Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Bantul pada tanggal 11 Agustus – 11 September 2022. Dalam penelitian ini menggunakan indikator minat belajar: perasaan senang, minat peserta didik, keterlibatan peserta didik, ketekunan dalam belajar, dan penyelesaian tugas matematika. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yakni metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan skala likert, berupa angket yang diberikan kepada setiap peserta didik untuk menganalisis minat belajar matematika pserta didik dalam bentuk aljabar. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SMP N 3 Bantul dan sampel yang diteliti adalah peserta didik kelas VII D sebanyak 31 siswa. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan minat belajar peserta didik pada materi penyederhanaan bentuk aljabar berbasis gender pada peserta didik perempuan memiliki minat yang lebih baik dari pada peserta didik laki-laki.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Rizki, F. F, dkk. (1013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatakan Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Soal-Soal Operasi Hitung Bentuk Aljabar. [Online]. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol 1, No. 1, 8 halaman.
Maryanto. (1017). Penerapan Model Kooperatif Tipe ThinkPair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkalian Dan Pembagian Bentuk Aljabar Di Kelas VII Negeri 18 Palu. Skripsi FKIP Universitas Tadulako Palu : tidak diterbitkan
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHDAP PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MEDANAREA, MOHD. IDRIS DAKIMUNTHE Volume 5 No. 1 Tahun 1010
Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (1018). Hubungan Minat Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. JPMI – Jurnal Pembelajaran MAtematika Inovatif, 1 (1), 93-98.
Hendriana, Heris., Euis, R., Utari, Sumarmo. (1017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung : PT Refika Aditama.
Maya, R.,& Setawan, W. (1018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. JPMI (Jurnal pembelejaran Matematika Inovatof), 1(6), 1095-1104
Setiawan, W. (1015). Meningkatakan Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa SMP dengan Menggunakan Model Penemuan Terbimbing. P1M STKIP Siliwangi, 1(1), 91-97
MZ, Z. A. (1013). Perspektif Gender dalam pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan Agama dan Gender, 11(1), 15-31.
Dr Muhammad Ramadhan “ METODE PENELITIAN”. Cipta Media Nusantara (CMN), 1011
“BENTUK-BENTUK PERILAKU BIAS GENDER” Agus Afandi.Journal of Gender and Children Studies Volume 1 Issue 1, December (1019)
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SDN TAMBAHMULYO 1 Oleh Wann Nurdiana Sari, Murtono & Erik Aditia Ismaya Vol.1 No.11 April 1011
BENTUK-BENTUK PERILAKU BIAS GENDER Agus Afandi Volume 1 Issue 1, December 1019
PENGUKURAN USABILITY WEBSITE E-COMMERCE SAMBAL NYOSS MENGGUNAKAN METODE SKALA LIKERT Ryan Ari Seryawan, Walter F. Atapukan Volume 7, Nomor 1 Mei 1018
anafiah, N. Z, Rizka, M.A., & Herlina, H(1018). Efektifitas Penyelenggaraan Program Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pelatihan Pembuatan Keripik Jagung Manis (KERJAMAS). Transformasi : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Non Formal Informal, 3(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.