DESKRIPSI KESALAHAN SISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL PADA MATERI PERMUTASI BERDASARKAN TEORI NOLTING

Febry Dita Anggraini, Linda Febrianti, Afit Istiandaru

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesalahan yang dilakukan siswa saat menyelesaikan masalah matematika termasuk materi permutasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini melibatkan 10 siswa dari kelas XII MM 1 dan dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Sleman. Hasil ujian dan wawancara siswa digunakan untuk menginformasikan prosedur pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kualitatif, meliputi penggabungan data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa ada enam kategori kesalahan siswa yang berbeda ketika memecahkan masalah menggunakan Teori Nolting, dengan persentase untuk setiap kesalahan: 24% kesalahan membaca, 30% kesalahan kecerobohan, 16% kesalahan konsep, 6% kesalahan aplikasi, 22% kesalahan saat ujian, dan 6% kesalahan belajar. Pada umumnya kecerobohan siswa dan kurangnya pemahaman tentang permutasi saat mengerjakan soal merupakan penyebab utama kesalahan siswa.

Keywords


kesalahan peserta didik; permutasi; teori Nolting

Full Text:

PDF

References


Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, (4(2)).

Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Uncertainty dan Data. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034–1043. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.306

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.

Nolting, P. D. (2012). Math Study Skills Workbook : Your Guide to Reducing Text Anxiety and Improving Study Strategies.

Oktafia, R., & Sutama, M. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Berorientasi Pisa Ditinjau Dari Gender Pada Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 2 Masaran. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/79127

Prihatin, D., & Setiawan, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar. MAJU (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 63–69. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/427

Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual Pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633– 643.

Sumarwati. (2014). Soal Cerita Matematika di Sekolah Dasar:Analisis dengan Pendekatan Komunikatif (Studi Kasus di Surakarta dan Karanganyar). Surakarta: UNS Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.