Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul

Ocsin Clarita, Malihatun Nisa Fauziyah

Abstract


Tujuan dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui dampak dari model discovery learning pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII dalam mata pelajaran matematika materi koordinat kartesius. Penelitian dilaksanakan di SMP Unggulan ‘Aisyiyah Bantul dari tanggal 10 Agustus hingga 10 September 2022. Penelitian dilakukan di dua ruang kelas berbeda yaitu kelas VIII Maryam dan VIII Hawa. Desain yang digunakan yakni quasi-eksperimental dengan non-equivalen control group design. Jumlah peserta didik dalam penelitian ini yaitu sebanyak 60 orang. Untuk sampel yang diambil yaitu dua kelas dengan jumlah peserta didik 40 orang dengan masing-masing kelas berjumlah 20 orang. Posttest digunakan sebagai metode pengumpulan data yang kemudian akan dilakukan analisis uji-t. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen yaitu 74,05 dengan nilai rata-rata kelas kontrol yang hanya 65,35. Nilai signifikansi 0,229 > 0,05 yang didapat melalui hasil pengujian hipotesis diterima. Dengan demikian bisa ditarik kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara kelas eksperimen (discovery learning) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional) berdasarkan hasil dan diskusi yang dilaksanakan selama aktivitas pembelajaran. Dari temuan penelitian ini menggambarkan bahwa hasil belajar matematika di kelas VIII Maryam dan VIII Hawa tidak terdampak oleh penerapan model discovery learning selama aktivitas pembelajaran.


Keywords


Discovery Learning, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Matematika, Koordinat Kartesius

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.