IMPLEMENTASI NILAI KARAKTERTER KEDISIPLINAN MELALUI PROGRAM MAKAN SIANG DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR

Cerly Fitria, Risa Nurpinesti, Suyitno Suyitno

Abstract


Pendidikan nilai karakter merupakan hal penting dan krusial yang harus dimulai sedini mungkin. Salah satu bentuk pendidikan karakter positif yaitu berupa pendidikan karakter kedisiplinan. Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting yang menjadi landasan bagi karakter-karakter positif yang lain dan akan terbawa di berbagai sendi kehidupan. Salah satu wujud pendidikan karakter kedisiplinan yang dilakukan oleh SD Negeri 1 Simpang Renggiang yaitu dengan melalui pembiasaan membuang sampah pada tempatnya bagi seluruh peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji bagaimana dampak dari penerapan program tersebut mampu membentuk karakter disiplin seorang peserta didik. Metode penelitian yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa pembiasaan membuang sampah pada tempat pembuangan akhir yang diterapkan di SD Negeri 1 Simpang Renggiang cukup memberikan pendidikan karakter kedisiplinan kepada peserta didik.

Abstract : Character value education is an important and crucial thing that must be started as early as possible. One form of positive character education is disciplinary character education. Discipline is a very important thing that becomes the basis for other positive characters and will carry over in various aspects of life. One form of disciplinary character education carried out by SD Negeri 1 Simpang Renggiang is through a lunch program for students in grades 3, 4, 5, and 6. The research method is a qualitative descriptive approach. The results of this study prove that the lunch program implemented at SD Negeri 1 Simpang Renggiang is sufficient to provide disciplinary character education to students.


Full Text:

PDF

References


Anatasya, E., & Dewi, D. A. (2021). Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 291-304. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/34133

Dita, M. A. D. P., Wiranata, I. M. R. A., Sari, K., & Sujana, I. . (2019). Penglipuran Sebagai Desa Edukasi Berbasis Tri Hita Karena dalam Pengembangan Karakter SD. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 97-105. https://ejournal.undiskha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/21228

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Peserta didik. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9. https://doi.org/10.22219/jch.v2i1.9899

Hidayat, N. (2006). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBIASAAN DI PONDOK PESANTREN PABELAN, 1999 (December), 1–6.

https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/203ccbad-31f5-e011-9e9c-95d1226d3f80

Permendikbud, (2013) Nomor 67, Tentang Karangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah/Madrasah Ibtidaiyah.

Puspitaningrum, D., & Suyanto, T. (2014). Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Peserta didik Di SMP Negeri 28 Surabaya. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 343–357.

Rohana, E. (2018) Character Education Relation with Spiritual Intelligence in Islamic Education Perspective. International Journal of Nusantara Islam, 6(2), 165-174. https://doi.org/10.15575/ijni.v6i2.4803

Sitorus, L., & Lasso, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2206-2216. https:/edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/755

Skinner, B. F. (2007). Ilmu Pengetahuan dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Supinah. (2011). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika di SD. Kementrian Pendidikan Nasional, 50. file:///C:/Users/Fitri/Downloads/17.PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER....pdf

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Deepublish.

Tirtayani, L. A., Wulandari, I. G. A. ., & Sessiani, L. A. (2019). Balinese Folktales As A Medium: Modifying Stories Of The Special Need Concept To An Early Age Children. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 8(1), 53-64. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v8i1.16294

Trisnawati, destya dwi. (2013). Membangun Disiplin Dan Tanggung Jawab Peserta didik Sma Khadijah Surabaya melalui tata tertib sekolah. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(1), 397–411. https://jurnalmahapeserta didik.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-kewarganegaraa/article/view/2658


Refbacks

  • There are currently no refbacks.