Kesiapan Lembaga dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di TK ABA Mardi Putra Bantul

Anis Kurnia, Tanti Maulia Indriani, Nur Azizah, Atika Imadatu Jannah

Abstract


Sejak adanya pandemi COVID-19 kurikulum di Indonesia yang sebelumnya kurikulum 13 berganti menjadi kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang membebaskan siswa untuk mengembangkan kemampuannya. Saat ini belum semua lembaga sekolah  menerapkan kurikulum merdeka karena masih perlu menyesuaikan, namun juga ada beberapa lembaga yang sudah menerapkan kurikulum merdeka salah satunya yaitu TK ABA Mardi Putra. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan  kesiapan lembaga dalam penerapan kurikulum merdeka di TK ABA Mardi Putra Bantul.

Keywords


kesiapan lembaga, penerapan kurikulum, kurikulum merdeka.

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). “Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter.” Jurnal Filsafat Indonesia.

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal basicedu.

Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi dalm Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD.

Megandarisari, M. (2021). Adaptasi kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini di masa pandemi COVID-19. Inovasi Kurikulum, 18(1), 1–9.

Nugraha, T. (2019). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal Inovasi Kurikulum.

Rahayu, R., dkk.(2022) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.

Yanti, A. A., & Fernandes, R. (2021). Adaptasi guru terhadap pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 (studi kasus Guru MAN 2 Kota Padang Panjang).

Rahardjo, M., & Maryati, S. (2021). Buku Panduan Guru Pengembangan Pembelajaran untuk Satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.