PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI TK ‘AISYIYAH NYAI AHMAD DAHLAN FULL DAY

Jakia Indriani, Sri Wandari, Nahdah Taqiyyah, Nurul Anjani

Abstract


Kurikulum    merdeka    adalah    kurikulum    dengan    pembelajaran

intrakulikuler yang beragam, dimana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam kurikulum merdeka, acuan pembelajaran dan asesmen adalah Capaian Pembelajaran. Dan tujuan dari topik pembahasan ini bahwa tema yang diangkat oleh peneliti untuk mengetahui penerapan Kurikulum Merdeka di TK AISYIYAH NYAI AHMAD DAHLAN dan FULL DAY yaitu untuk mengetahui perbedaan kurikulum merdeka dengan K13, seperti apa penerapan dan juga pelaksanaanya serta media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dimana pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan penekatan observasi secara langsung ke layanan PAUD yang dituju. Instrumenya menggunakan catatan anekdot untuk mencatat poin-poin penting, rekaman suara dan wawancara secara langsung dengan kepala sekolah TK ‘Aisyiyah Nyai Ahmad Dahlan Full Day.


Keywords


Kurikulum Merdeka, Pembelajaran, Penerapan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.