Upaya Guru Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini 5-6 Tahun di TK Sang Timur Yogyakarta

Maria Magdalena Bui

Abstract


Kemandirian merupakan salah faktor yang mendukung perkembangan perilaku anak untuk membantu dirinya dalam melakukan hal-hal sederhana. Anak usia 5-6 tahun merupakan anak usia dini yang sudah mampu berperilaku mandiri dalam melakukan hal-hal sederhana untuk menolong dirinya sendiri. Kelurga sebagi sekolah utama bagi anak merupakan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi perkembangan perilaku kemandirian pada anak. Keadaan keluaga yang kaya dan memiliki perhatian yang berlebihan kepada anak atau selalu memanjakan anaknya akan menghambat kemampuan anak dalam proses perkembangan kemandiriannya. Begitu pula dengan keadaan keluarga atau orangtua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah akan menghambat kemandirian bagi anak karena kurangnya pendampingan dan pembiasaan bagi anak untuk berperilaku mandiri. Hambatan perkembangan perilaku kemandirian anak yang seharusnya di terima dalam keluarga akhirnya di bebankan kepada guru di sekolah  sehingga dengan berbagai upaya guru mencoba memberikan ransangan pendidikan dan berbagai metode untuk membantu anak dalam mencapai perkembangan perilaku mandiri. Diantaranya dengan pembiasaan dan nasehat agar anak mampu menolong dirinya sendiri.


Keywords


Anak usia dini,Upaya guru, kemandirian anak.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, G. F. (2019). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019. Paud Lectura, 3(2), 1–9. http://proceedings.kopertais4.or.id/index.php/ancoms/article/view/68

Anisah. (2017). Penerapan Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 di TK Satu Atap SDN 003 Sihepeng Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Guru Kitac(JKG). Vol 2(1). p-ISSNC: 2548-883X.

Hapidin, S. R. A. D. U. (2017). Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun Di Komunitas Lingkungan Pemulung. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 13–21. https://doi.org/10.21009/jiv.1101.2

Rizkyani, F., Adriany, V., & Syaodih, E. (2020). Kemandirian Anak Usia Dini Menurut Pandangan Guru Dan Orang Tua. Edukid, 16(2), 121–129. https://doi.org/10.17509/edukid.v16i2.19805

Silranti, M. (2019). Pengembangan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharmawanita Tunas Harapan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(2), 77–83. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i2.5539

Susanto. (2016). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Bumi Aksara

Thamrin, S. (2015). Upaya Guru Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4, 1–13.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.