Jalur Hijau di SMK Muhammadiyah 1 Bantul: Upaya Melatih Kedisiplinan Siswa

Nanda Puput Rahmawati, Dikdik Baehaqi Arif, Nuraisyah Siti Dewi

Abstract


Penerapan kedisiplinan melalui pembiasaan jalur hijau sangat penting. SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebagai sekolah binaan PT. ADM memiliki budaya industri salah satunya pembiasaan berjalan di jalur hijau. Kebijakan sekolah dalam budaya industri bertujuan agar siswa memiliki sikap disiplin dan siap kerja di industri sesuai dengan visi misi sekolah. Namun terdapat permasalahan yang dihadapi sekolah ini, sebagian siswa bersikap tidak disiplin atau melanggar tata tertib sekolah. Tujuan penelitian agar mengetahui kedisiplinan siswa untuk mencapai jalur hijau yang aman supaya nanti siswa saat bekerja di industri tidak melakukan tindakan yang asal-asalan dan upaya yang digunakan untuk mengimplementasikan jalur hijau salah satunya sosialisasi kepada semua warga sekolah memperkenalkan budaya industri yang diterapkan sekolah sebab sekolah sangat berpegang teguh terhadap budaya industri. Metode penelitian yang digunakan ialah deskripsi kualitatif melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa perlu dibentuk dan ditingkatkan agar siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul menjadi tamatan yang siap kerja.


Full Text:

PDF

References


Ashari, M. (2021). Pengaruh Budaya Dan Kedisiplinan Siswa Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Di Sman 1 Geger Kabupaten Madiun Sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 563–573. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.120

Cahyadi, S. (2019, September). Bentuk Kerjasama SMK Kartek Jatilawang dengan PT. ASTRA OTOPART dalam Pembentukan Budaya Industri di Sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan (Vol. 1, No. 1).

Fatrhoni, D. I. (2018). Kebijakan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kedisiplinan Siswa Berbasis Budaya Industri di SMK Muhammadiyah 1 Bantul (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga).

Manshur, A. (2019). Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa. Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 16-28.

SIDIQ, R. (2018). Relevansi Konsep Etika Murid Menurut Imam Al-Ghazali dengan UU RI No. 20 Tahun 2003 dan PP RI No. 17 Tahun 2010 (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Suhardi. (2021). Peran Kedisiplinan Terhadap Peningkatan Prestasi Olahraga dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar. Diakses pada 26 Agustus 2023, dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/download/949/886

Suradisastra, Djodjo. 1991. Pendidikan IPS I. Jakarta: Depdikbud.

Suwondo, Chandra.2015. Penerapan Budaya Kerja Unggulan 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, dan Shitsuke) Di Indonesia. Jurnal Magister Manajemen Vol. 1 No. 1, Maret 2015 27 – 46.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. diunduh dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.