Peran Guru PPKN SMP Negeri 13 Yogyakarta dalam Upaya Penguatan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas 7 di Kelas Khusus Olahraga (KKO)

Intan Nur Ainnisa, Dhita Amalia Firdaus, Trisna Sukmayadi, Nurjannah Rochayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru, utamanya guru PPKN SMPN 13 Yogyakarta dalam upaya penguatan karakter disiplin peserta didik kelas VII di kelas khusus olahraga dalam pembelajaran. Selain itu juga untuk mendeskripsikan peranan guru PPKN. Diamati dari pelaksanaan kedisiplinan yang telah dilakukan peserta didik dan peran guru PPKN dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi.. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru PPKN berperan besar dalam upaya penguatan karakter disiplin peserta didik kelas KKO.

Full Text:

PDF

References


Admin. “SEJARAH BERDIRINYA SMP NEGERI 13 YOGYAKARTA”. Available at : https://smpn13-yog.sch.id/sejarah/ (Diakses pada 14 September 2023)

Ardian, Andy, Sugeng Purwanto, and Deden Saepul Alfarisi. "Hubungan prestasi belajar siswa kelas khusus olahraga dengan kecerdasan emosional." Jurnal Keolahragaan 7.2 (2019): 126-134.

Ariyanto, Ristina; Ginting, Rosalina; Sudrajat, Rahmat. The Role of the Pancasila and Citizenship Education Teacher in Enhancing the Discipline of Students in the Special Sports Class of Senior High School. Studies in Civics Education (SCE), 2023, 1.1: 17-21.

Marta, Krisma Afia; Marzuki, Marzuki. Peranan Guru PPKN Sma Negeri 2 Playen Gunungkidul Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas Khusus Olahraga (Kko). Agora, 2021, 10.1: 100-110.

Santoso, N. (2020). Evaluasi Program Kelas Khusus Olahraga Tingkat Sekolah Menengah Atas Di Kabupaten Kulonprogo Yogyakarta. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 26(1), 8- 19.

Suyato & Arpannudin. I. (2018). Penilaian pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: UNY Press.

Yunanto, Dwinanda Budi. "Kedisiplinan peserta didik kelas x ips 3 kelas khusus olahraga di sma negeri 4 yogyakarta dalam pembelajaran." Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi 6.9 (2017).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.