Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program 3S (Senyum, Sapa, Salam) di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Ema Dwi Setyarini, Mahmuda Maarif, Akhmad Farizal

Abstract


Penelitian ini berfokus tentang Program 3S (Senyum, Salam, dan Sapa) sebagai pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana program 3S ini di implementasikan kepada peserta didik dan tenaga kependidikan, dan juga informasi tentang faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan program 3S. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini diharapkan bisa meringankan guru untuk bisa mengembangkan program 3S tersebut. Dan hasil penelitian ini melaui program 3S telah tuntas 85%. Penelitian ini diharapkan bisa membantu semua guru di SMP Muhammadiyah 1 Yogyakarta untuk menanggulangi faktor penghambat implementasi program 3S ini sebagai pendidikan karakter.

Keywords


Pendidikan Karakter Implementasi, Program 3 S (Senyum, Sapa, Salam

Full Text:

PDF

References


Faraeta, D. O. (2020 ). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Program 3S (Senyum, Salam, Sapa) Di SMA Negeri 1 Pemali Kabupaten Bangka . LENTERNAL: Learning and Teaching Journal, , 1(2), 56-62.

Hasanah, F. (2022). Implementasi Budaya 3S (Salam, Senyum, Sapa) di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Pamekasan. (Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MADURA).

I, S. M. (2020). Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Implementasi 3S (Senyum, Salam, Sapa) di Era Digital. Studi Kasus di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus . Mediana, M. (2020). Implementasi E-Marketing pada Usaha Mikro Kue Cap 3S . (Doctoral disertation, Universitas Internasional Batam).

Misbahuddin, F. F. (2023, July). Implementasi Budaya Sekolah 3s (Senyum, Salam, Sapa) Di Sd Muhammadiyah Ambarketawang 2. In prosiding Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan vol 3, Vol. 3, No. 1, pp. 890-895.

Salmi., J. (119-125). Violence and Democratic Society: Hooliganisme dan Masyarakat. Yogyakarta: Pilar Media., 2005.

Santos, T. (2002). Teori-teori Kekerasan . Jakarta: Ghalia Indones.

Setiawan, C. (n.d.). “Seulas Senyum Guru Sejuta Kebahagiaan Murid”. . http://o friends.web.id/artikel/57-artikel/206, 23 Agustus 2011.

Wardhani, A. R. (2012). Usulan Perbaikan Produktivitas Kerja Dengan Implementasi 3s (Senyum, Sala, Sapa). Widya Teknika , 20(2)..


Refbacks

  • There are currently no refbacks.