Penerapan Kegiatan Literasi Dengan Pemanfaatan Perpustakaan Dan Pojok Baca Kelas Sd Muhammadiyah Semingin

Rosalie Bonita, Vera Yuli Erviana, Siti Nurjanah

Abstract


Indek literasi indonesia di dunia berberdasarkan survey  PISA 2018 menyebutkan indonesia berada di urutan 74 dari 79 atau enam peringkat dari bawah. Adapun menurut penilaian berdasarkan Indek Pembangunan Literasi masyarakat (IPLM) skor Indonesia pada tahun 2022 sebesar 64,48 dari skala 1-100. Angka tersebut masih menjadi masalah nasional yang sangat memprihatinkan. Di era digital seperti sekarang ini minat baca anak anak sangat rendah, mereka lebih senang bermain game dari pada membaca. Buku ataupun bahan bacaan lain tidak semenarik game atau permainan yang ada di hp mereka. Maka diperlukan suatu strategi agar mereka yang tidak tertarik dengan kegiatan leterasi menjadi mau mengenal terlebih dahulu baru kemudian akan menyukai kegiatan literasi ini. Ada istilah tak kenal maka tak sayang. Berdasarkan hal tersebut saya mengangkat judul penerapan kegiatan literasi dengan peman faatan perpustakaan dan pojok baca di di sd muhamadiyah semingin. 


Keywords


Literasi, Pojok Baca, Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Kharizmi, M. (2021). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan. Ragam :Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 102–108.

Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program gerakan literasi sekolah di sd dharma karya. HOLISTIKA : Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 131–136.

Madu, F. J., & Jediut, M. (2022). Membentuk Literasi Membaca Pada Peserta Didik Di Sekolah

Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 631–647.

Martha, J. A., Pramudya, G. B., Apriliyani, D., Tulung, D. O., & Dzikrulloh, M. H. A. (2021). Pemberdayaan Pendidikan Literasi Anak Sekolah Dasar melalui Pojok Membaca di Desa Tamansuruh. Jurnal Abdi Panca Mara, 2(2), 1–4.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam

Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Santosa, E., Nugroho, P. J., & Siram, R. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah. Equity In Education Journal, 1(1), 56–61.

Setiawan, A. A., & Sudigdo, A. (2019). Penguatan Literasi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kunjungan Perpustakaan. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 2015, 24–30.

Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan

Ekstrakurikuler. Palapa, 8(1), 159–177.

Triyanto, T., Fauziyah, F. A., & Hadi, M. T. (2019). Bahasa Sebagai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 1(1), 1–4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.