Penguatan Sikap Gotong Royong Melalui Projek Kebhinekaan

Ardila Riski Lukmana, Juwita Sukmaningsih, Trisna Sukmayadi, Tarsini Tarsini

Abstract


Penelitian ini mengungkapkan tentang gotong royong dalam yang merupakan salah satu dimensi dari Profil Pelajar Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penguatan sikap gotong royong melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran berbasis projek yang dapat menguatkan sikap gotong royong, dimana melibatkan guru dan peserta didik mulai dari tahap perencanan, pelaksanaan, dan evaluasi yaitu dengan melalui kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema “Bhinneka: Nusantara dalam Legenda” di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta. Kemudian, terdapat juga dampak dari kegiatan tersebut terhadap peserta didik dan guru. Output dari kegiatan tersebut ialah adanya gelar karya yaitu pementasan drama

Keywords


Bhineka, Gotong Royong, Profil Pelajar Pancasila, Projek

Full Text:

PDF

References


Anggorowati, P., & Sarmini, S. (2015). Pelaksanaan gotong-royong di era global (Studi kasus di desa Balun kecamatan Turi kabupaten Lamongan). Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 1(3), 39-53.

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.

Badan standar, kurikulum, dan asesmen pendidikan. (2022). Panduan pengembangan projek penguatan profil pelajar pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.

Istiqbalul Fitriya. (2022). 3 Elemen Kunci Karakter Gotong Royong dalam Profil Pelajar Pancasila. Tersedia di : https://www.babad.id/edukasiana/pr-3643815936/3-elemen-kunci-karakter-gotong-royong-dalam-profil-pelajar-pancasila?page=2 [Diakses pada tanggal 21 September 2023]

Santoso, G., Damayanti, A., Murod, mun, Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi kurikulum merdeka melalui literasi proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.