Penguatan Karakter Kedisplinan Melalui Budaya Sekolah Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean

Iqbal Hasyim, Mahmuda Maarif, Alfian Cahya Pradana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter kedisiplinan siswa dan penerapan karakter kedisiplinan siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Godean. Dalam proses kedisiplinan penulis bisa fokus sejauh mana karakter disiplin dilakukan siswa dan penguatan karakter yang dilakukan sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedisiplinan siswa kelas VII dalam pengkondisian dari awal masuk sekolah sampai mengikuti jam pelajaran sudah disiplin. Akan tetapi masih ada terdapat siswa yang masih kurang kedisiplinan namun bisa dikondisikan.

Keywords


Disiplin, Karakter Siswa, Implementasi Kedisplinan

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tanzeh. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras. Azhar, M. H., Sulistiani, I. R., & Zakaria, Z. (2020). Kedisplinan Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Belajar Di SMP Islam Darussa’adah Malang. Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 5(8), 72-83.

Eki, M. (2018). Pengembangan Sikap Disiplin Siswa Dalam Rangka Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Di Smpn 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 6(2), 1-15.

Fawaid, M. M. (2017). Implementasi tata tertib sekolah dalam meningkatkan karakter kedisiplinan siswa. Jurnal Civic Hukum, 2(1), 9.

Indarwati, E. (2020). Implementasi penguatan pendidikan karakter siswa sekolah dasar melalui budaya sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2), 163-174.

Kusumadewi, N. T. (2023). Kegiatan Kedisiplinan Siswa di SMP Negeri 3 Leksono untuk Menerapkan Pendidikan Karakter. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 10, 202-207.

Ladamay, O. M. A. (2017). Implementasi Karakter Disiplin pada Siswa di SMP Muhammadiyah I Gresik. Tamaddun, 18(2), 1-21.

Pitriani, P., Hendriana, H., & Supriatna, E. (2020). Gambaran Tingkat Kesadaran Kedisiplinan Siswa Smp Negeri 4 Cipeundeuy. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(3), 116-122.

Pratiwi, S. I., Kristen, U., Salatiga, K., & Tengah, J. (2020). Pengaruh ekstrakurikuler pramuka terhadap karakter disiplin siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 62-70.

Samrin, S. (2016). Pendidikan karakter (Sebuah pendekatan nilai). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 9(1), 120-143.

Tsoraya, N. D., Khasanah, I. A., Asbari, M., & Purwanto, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(01), 7-12.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utami, S. W. (2019). Penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan kedisiplinan siswa. Jurnal Pendidikan, 4(1), 63-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.