Penggunaan Ice Breaking dalam Membangun Konsentrasi Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Akbar Wika Putra Kusuma, Ariesty Fujiastuti, Endri Padmono

Abstract


Tujuan artikel ialah menganalisis penggunaan Ice Breaking dalam membangun konsentrasi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Prambanan. Metode dalam penelitian adalah penelitian kualitatif dengan sampel peserta didik SMP Muhammadiyah 1 Prambanan kelas VIII C, VIII D yang berjumlah 50 peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kelas. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode pengamatan dari observasi kualitatif. Hasil observasi adalah penggunaan aktivitas Ice Breaking pada kegiatan belajar mengajar yang bisa meningkatkan konsentrasi dan semangat peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Pendidikan Karakter, Taruna, SMK N 1 Pleret

Full Text:

PDF

References


K, M. A., Mukti, M. A., & E, S. L. (2018). Kritik Sosial Dalam Kumpulan Puisi Karya Taufiq Ismail. Asas: Jurnal Sastra, 7(3). https://doi.org/10.24114/ajs.v7i3.10647

Marudut, J. (2018). Pengaruh teknik pembelajaran ice breaker terhadap kemampuan menulis pantun lama oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 LAWE SIGALA-GALA. 3(2), 137–151.

Sugito, S. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 1–6. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717

Suprayetno, E., Sugiarto, A., Sinaga, K., & Napoli, F. De. (2021). Pelatihan Ice Breaking Dalam Upaya Optimalisasi Kegiatan Awal Pembelajaran Di Kelas Pada Guru-Guru Sma Negeri 1 Gebang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm), 2(2), 79–85. http://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/216%0Ahttp://www.jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/download/216/230

Syahri, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler di MI Nahdatul Ulama Sumber Agung. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.32505/3013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.