Pembiasaan 5S Untuk Mengembangkan Nilai Karakter Siswa di SD Muhammadiyah Ngupasan 1

Sri Nurfaziati, Ramadhani Uswatun Khasanah, Sigit Tri Purwanto

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pembentukan karakter melalui penerapan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) pada siswa di SD Muhammadiyah Ngupasan 1. Penurunan nilai-nilai moral pada generasi bangsa akibat modernisasi hendaknya ditanggapi dengan serius dan segera dihentikan. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan di sekolah dengan tujuan memperkuat moral dan nilai-nilai bangsa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan kebiasaan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) guna mengembangkan nilai karakter siswa di SD Muhammadiyah Ngupasan 1. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter yang ramah melalui penerapan 5S di SD Muhammadiyah Ngupasan 1 dilakukan melalui dua bentuk kebiasaan, yaitu kebiasaan rutin dan kebiasaan spontan.


Keywords


Pembiasaan 5S, Nilai Karakter.

Full Text:

PDF

References


Kusumanngrum, R. A. (2020). Pentingya Mempertahankan Nilai Budaya 5S ( Senyum, Sapa, Sapam, Sopan Dan Santun ) Dalam Pendidkan Sekolah Dasar. EDUSANTEK: Jurnal Penddkan Sans Dan Teknolog. Vol. 7 No.1 Me 2020 SSN: 1858-0055X.

Inayah, N. F. S. Wiyan, A. N. ( 2022 ). Pembentukan Karakter Ramah Melalui Pembiasaan Senyum, Sapa, Salam, Sopan Dan Santun (5S) Pada Anak Usa Dn. Jurnal Asghar. Vol. 2 No. 1 2022 E-SSN 2807-3479, P-SSN 2797-5630.

Yusutra. Sutarma. (2021). Profesionalsme Guru Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Siswa Berbasis Nilai-Nilai Budaya 5s (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) D Smk 1 Muhammadyah Kashan Bantul Yogyakarta. Jurnal Pendidkan islam-

UHAMKA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.