Efektivitas Metode Pembelajaran Tanya Jawab pada Materi Teks Deskripsi di Kelas VII B SMP N 3 Sewon Bantul

Alfi Pujiasih, Fitri Merawati, B.Y. Rini Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui efektivitas metode tanya jawab pada materi teks deskripsi di kelas VII B SMP N 3 Sewon, Bantul. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik observasi dan angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Sumber data penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dan 12 siswa dari 32 siswa dari kelas VII B SMP N 3 Sewon, Bantul. Hasil lembar observasi aktivitas guru diperoleh, 1) aspek pendahuluan sebesar 100%, 2) aspek kegiatan inti sebesar 75%, dan 3) aspek kegiatan penutup sebesar 91,67% yang masuk ke dalam kategori baik-sangat baik. Sedangkan, lembar angket respon siswa memperoleh persentase sebesar 3,04% yang termasuk ke dalam kategori “memenuhi”. Berdasarkan data yang diperoleh, metode tanya jawab efektif diterapkan pada pembelajaran materi teks deskripsi di kelas VII B SMP N 3 Sewon, Bantul.

Keywords


Efektivitas, Metode Tanya Jawab, Teks Deskripsi

Full Text:

PDF

References


Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2).

Agustin, I. (2018). Pengaruh Metode Tanya Jawab terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 07 Tapung Kecamatan Tapung Kab. Kampar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ependi, S. (2018). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI SD Negeri 012 Pangkalan Baru Kecamatan Siak Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 256-264.

Evarina, E. (2023). EFEKTIVITAS UPAYA PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN TAHUN 2022/2023. Jurnal Ki Hajar Dewantara, 2(1), 22-31.

Sipatu, Y. T., & Silitonga, B. (2022). Implementasi Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SD Pada Pembelajaran Daring. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 6(2), 89-96.

Utomo, A. P. Y., Safitri, A. N., & Mubarok, S. (2023). Pemanfaatan YouTube untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Eksplanasi di SMP. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 45-59.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, 4(1), 1-46.

Yuyun Windarti, Y., Nurfahrudianto, A., & Samijo, M. P. (2021). PENGEMBANGAN MEDPEN BARETA PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.