Sholat Dhuha Sebagai Pengembangan Budaya Religius di SD Muhammadiyah Prambanan

Tarisa Alfira Wirdianne, Feri Budi Setiawan, Prima Luqman Prasetya

Abstract


Sekolah perlu menyadari bahwa budaya sekolah akan mempegaruhi akhlak pada peserta didik. Dengan adanya berbagai penyimpangan karakter yang dimiliki, peserta didik diharapkan dengan pembiasaan-pembiasaan budaya di sekolah seperti budaya islami yaitu sholat dhuha dapat membentuk akhlak yang baik untuk peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Budaya Religius di SD Muammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan adalah melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Sholat Dhuha Sebagai Pengembangan Budaya Religius. 2) Karakter yang dihasilkan dalam kegiatan pengembangan budaya religius di SD Muammadiyah Prambanan.



Keywords


Budaya Religius, Sholat Dhuha

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, M. (2016). Pengembangan Budaya Religius Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Pengembangan Budaya Religius, 38-39. Hanafi, H. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Mustofa, A. (2022). Konsepsi Pembiasaan Sholat Dhuha dan Membaca Al-Qur'an dalam Peningkatan Akhlah. Jurnal Tarbiyah .

Narimo, S., Sanusi, M. (2020). Budaya Mengintregrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar . Jurnal Varidika.

Noor, Z. Z. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Deepubish.

Prasetya, B. (2014). Pengembanagan Budaya Religius Di Sekolah . Edukasi, 102-105.

Saryadi. (2020). Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama'ah Terhadap Pendidikan Karakter Siswadi SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah .

Silkyanti, F. (2019). Analisis Peran Budaya Sekolah Yang Relgius Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal.

Zulhijra. (2022). Budaya Religius Sebagai Dasar Pembentukan Perilaku Beragama. UMM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.