Strategi Guru Dalam Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Di Sd Muhammadiyah Semingin Untuk Membangun Generasi Unggul Dengan Berakhlak Mulia

Titis Arumsari, Vera Yuli Erviana, Siti Nurjanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui strategi guru dalam penerapan nilai profil pelajar pancasila di sd muhammadiyah semingin utuk membangun generasi unggul dengan berakhlak mulia. Pada essay ini menggunakan metode kualitatif dan wawancara terhadap sejumlah guru yang memilii pengalaman dalam mengimplementasikan nilai-nilai pancasila berakhlak mulia dalam pendidikan dan siswa yang dianggap mewakili profil pelajar pancasila yang berakhlak mulia. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam menerapkan profil pelajar pancasila untuk membangun generasi unggul berakhlak mulia meliputi pendidikan nilai pengalaman, kebiasaan melalui latihan, keterlibatan orang tua dan masyarakat, pembelajaran kontekstual, pembangunan karakter terpadu,menggunakan teknologi pendidikan, pembelajaran kolaboratif, mencontohkan perilaku positif, berakhlak mulia, dan dapat mewujudkan nilai profil pelajar pancasila dalam kehidupan sehari-hari. 


Keywords


berakhlak mulia, sekolah dasar, profil pelajar pancasila, penerapan pembelajaran, strategi guru

Full Text:

PDF

References


ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Faizn, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Jurnal Lmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21.

Lisa, H., Mardiah, M., & Napratilora, M. (2020). Program Pesantren Kilat Ramadhan untuk Meningkatkan Motivasi Ibadah Siswa SMPN 3 Tembilahan Hulu. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 63–74.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.

Muji, A. P., Gistituati, N., Bentri, A., & Falma, F. O. (2021). Evaluation of the implementation of the sekolah penggerak curriculum using the context, input, process and product evaluation model in high schools. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(3), 377.

Permatasari, D., & Pamela, I. S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Model Project Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. 05(04), 16151–16164.

Ibad, W. (2022). Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 3(2), 84–94.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230.

Saleh, M. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Inklusi. Hikmah: Journal of Islamic Studies, 17(2), 101.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052.

Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30–44.

Warsita, B. (2018). Strategi Pembelajaran Dan Implikasinya Pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, XIII(1), 064–076.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.