Menciptakan Pembelajaran Interaktif Melalui Pertanyaan Pemantik di Kelas VII SMP Muhammadiyah Banguntapan

Arivianti Destriana, Sudarmini Sudarmini, Suhartiningsih Suhartiningsih

Abstract


Salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang interaktif adalah guru menggunakan pertanyaan pemantik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon peserta didik kelas VII B SMP Muhammadiyah Banguntapan pada saat diberi pertanyaan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat bahwa peserta didik kelas VII B merespon dengan antuis pertanyaan yang disampaikan oleh guru, walaupun jawabannya ada yang sesuai dan ada yang tidak sesuai. Adapun pertanyaan yang diberikan guru yaitu (1) Pengertian huruf kapital (2) Contoh kata yang diawali huruf kapital (3) Kata yang diawali di, ke, dari, (4) Benda kesukaan. Adapun jawaban yang disampaikan siswa yaitu (1) Huruf besar, (2) Menjawab beberapa nama tempat yaitu Gunung Kidul, Bantul, Yogyakarta, (3) Hanya menjawab satu yaitu kata depan di “di kelas”, (4) Benda kesukaan peserta didik ada mainan, dan hewan peliharaan seperti burung dan kucing.

Keywords


Learning, Interactive, Trigger questions

Full Text:

PDF

References


Dini, J. P. A. U. (2021). Manajemen Pembelajaran untuk Menciptakan Suasana Belajar Menyenangkan Di Masa New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1566-1576.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang standar proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356-465.

Nana Sudjana, I. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Pandu, R., Purnamasari, I., & Nuvitalia, D. (2023). Pengaruh Pertanyaan Pemantik Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik. Pena Edukasia, 1(2), 127- 134.

Pinasthika, G. A. (2018). Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 8 Yogyakarta. Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia-S1, 7(6), 642-654.

Sudjana, N., & Ibrahim, R. (1989). Penulisan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Sinar Baru. Suparlan. 2009. PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan). Bandung: Genesindo.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penulisan Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fadia, Z. N., Respati, T., & Purbaningsih, W. (2023, February). Gambaran Karakteristik Pasien Hipertensi di Puskesmas Kalipucang. In

Bandung Conference Series: Medical Science (Vol. 3, No. 1, pp. 776-780).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.