Peranan Usaha Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Miliran Yogyakarta Untuk Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Vevi Kurniati, Nur Hidayah, Sri Hartiningsih

Abstract


Penelitian ini menyoroti peranan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Sekolah Dasar Muhammadiyah Miliran Yogykarta dalam menciptakan lingkungan yang sehat. Berdasarkan studi pustaka dan wawancara, UKS memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan sikap positif siswa terhadap kesehatan melalui pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dasar, dan pemantauan kondisi kesehatan lingkungan sekolah. UKS di Sekolah Dasar Muhammadiyah Miliran Yogyakarta telah menerapkan berbagai program yang mengedepankan kesehatan dan kebersihan, seperti imunisasi, pemeriksaan rutin, dan pengenalan pola hidup sehat kepada siswa. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut, siswa diajarkan untuk mengenali dan mencegah penyakit serta mendukung penciptaan lingkungan sekolah yang kondusif dan sehat. Kesimpulannya, UKS memainkan peran penting dalam upaya menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat di Sekolah Dasar Muhammadiyah, yang pada akhirnya berkontribusi pada kesejahteraan fisik dan mental siswa.



Keywords


Sekolah Sehat, Kesadaran Kesehatan.

Full Text:

PDF

References


Haji, M. I. T. (2016). STRATA PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH SE KECAMATAN MOYUDAN KABUPATEN SLEMAN DIY TAHUN 2016. PGSD Penjaskes, (9).

Kartikasari, I. (2019). PERANAN UKS DALAM MENINGKATKAN LINGKUNGAN YANG SEHAT DI SEKOLAH DASAR.

Prasetyo, Y. B. (2014). Pelaksanaan Program Usaha Kesehatan Sekolah Dalam Upaya Meningkatkan Derajat Kesehatan Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lombok Timur. Jurnal Kedokteran Yarsi, 22(2), 102-113.

Nisa, F. (2018). Manajemen usaha kesehatan sekolah SD Muhammadiyah 1 Muntilan dan SD Muhammadiyah Tamanagung (Studi komparatif pada usaha kesehatan SDMuhammadiyah Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.