Evaluasi Pembelajaran dan Keteladan Peserta Didik di Kelas VIII D SMP Negeri 3 Pleret dalam Teks Laporan Hasil Observasi

Arum Febia Srihartati, Fitri Erawati, Aristi Setyaningrumi

Abstract


Evaluasi pembelajaran menjadi alat penting dalam menilai kemajuan peserta didik. Evaluasi ini tidak hanya berfokus pada hasil akademik, tetapi juga pada sikap dan perilaku peserta didik. Keteladanan peserta didik dapat dilihat dari bagaimana mereka menjalankan tugas-tugasnya dengan disiplin, tanggung jawab, dan kerja keras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran dan keteladanan peserta didik di kelas VIII D SMPN 3 Pleret dalam teks laporan hasil observasi dan mengetahui apakah peran guru penting dalam aspek tersebut. Karena kurangnya kedisiplinan maka pembelajaran menjadi kurang efektif. Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia memiliki peran penting dalam evaluasi pembelajaran. Dalam penelitian, kedisiplinan siswa juga dianggap memiliki pengaruh pada evaluasi pembelajaran. Keteladanan peserta didik dapat mempengaruhi lingkungan sekolah karena peserta didik merupakan bagian dari lingkungan sekolah itu sendiri.

Keywords


Evaluasi, Pembelajaran, Keteladanan

Full Text:

PDF

References


Akmalia, R., Oktapia, D., Hasibuan, E. E., Hasibuan, I. T., Azzahrah, N., & Harahap, T. S. (2023). Pentingnya Evaluasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 4089-4092.

Arniah, A., Rifa'I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basideci, 6(5), 8627-8635.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa Di Sekolah Dasar. Jurnal Belandika, 1(1), 1-9.

Hasanah, H. (2018). Teknik-Teknik Observasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 21-46.

Huljannah, M. (2021). Pentingnya Proses Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Directory of Elementary Education Journal, 2(2), 164-180.

Idrus. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Kurniawan, I. A. (2018). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sd Negeri Ngrukeman Kasihan Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2208-2219.

Mahdiansyah. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penilaian Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus Di Enam Kota). Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(2), 48-63.

Malinda, L., Sinaga, A. I., & Wijaya, C. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru Di MTsN I Langkat. Jurnal Pendidikan At-Tazaki, 3(1), 106-124.

Nasution, K. (2021). Hubungan Budaya Sekolah Dan Keteladanan Guru Dengan Karakter Siswa Sekolah Dasar Negeri 050772 Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Analisa Pemikiran Insan Cendikia, 4(1), 19-26.

Raharjo, M. (2018). Metode Pengumpulan Penelitian Kualitatif. Jurnal Metedeologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.