Analisis Penggunaan Media Belajar Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris

Anggita Syafariza Kurnia, Bambang Widi Pratolo, Weni Ristu Diwati

Abstract


Penulisan artikel ini dilakukan agar bisa mengetahui pemanfaatan media pada kegiatan belajar mengajar tepatnya dalam  Bahasa Inggris. Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang diamati merupakan kelas 9 SMP N 10 Yogyakarta. Dimana sekolah menerapkan kebijakan pembelajaran berbasis teknologi sebagai salah satu media ajar nya. Peserta didik melakukan pembelajaran melalui media Internet, mengerjakan tugas menggunakan media google form, dan aplikasi mendukung lainnya. Penulisan artikel ini menggunakan metode kualitatif sehingga dapat menjelaskan objek observasi, yaitu analisis penggunaan media belajar teknologi dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris. Peneliti menjelaskan mengenai jenis jenis media belajar yang digunakan, dampak baik dan buruk penggunaan media pembelajaran teknologi dan bagaimana mengatasi permasalahan-permasalahan terkait. 



Keywords


Laboratorium Information and Communication Technology (ICT); handphone, media technology.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heinich, R., Molenda, M., dan Russel, J.D. (1982). Instructional media and the new technologies of instruction. New York: John Wiley & Sons.

Yosi Intan Pandini Gunawan & Asep Amaludin. (2021). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Dalam Jaringan di Masa Pandemi Covid-19 UIN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.