Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VIIB SMP Muhammadiyah Pleret

Bherlian Tisofania, Sudaryanto Sudaryanto, Winarti Winarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Kelas VII B SMP Muhammadiyah Pleret. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kajian kepustakaan dengan melakukan observasi serta wawancara kepada pihak sekolah SMP Muhammadiyah Pleret. Ice breaking dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas VII B SMP Muhammadiyah Pleret dilakukan dengan cara melakukan tepuk tangan, menyebutkan kata yang berkaitan dengan pembelajaran, dan menyanyi. Selain itu, ada juga hukuman menyanyi di depan kelas dengan huruf vokal yang diganti bagi peserta didik yang tidak fokus dalam kegiatan ice breaking. Setelah ice breaking dilakukan, peserta didik terlihat kembali fokus sehingga pembelajaran dilanjutkan.


Keywords


Bahasa Indonesia, Ice Breaking, Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. (2020). Ice Breaking dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 8(1), 75. https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.11551

Badelah, B., Mahsun, M., & Burhanuddin, B. (2019). Tindak Tutur Kesantunan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Sakra: Tinjauan Pragmatik. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 16(2), 219-234.

Dewa Ayu Putu Putri Sri Devi, dkk. (2022). Pengaruh Penerapan Ice Breaking terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di SMK Wira Harapan. Indonesian Journal of Educational Development. 3(2). 240-247.

Dr. Umar Sidiq, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Fauzan, G., & Aripin, U. (2022). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 17–24.

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1324–1330. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Hariono, T., Ashoumi, H., Mujahadah, A. S., & Adransyah, A. (2021). Pendampingan Pembelajaran dalam Pengkondisian Siswa melalui Ice Breaking. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 125–129. https://doi.org/10.32764/abdimas_if.v2i3.1727

Purwanta, E. (2008). Psikologi Kepemimpinan *). April, 1–6

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555

Sudianto, A., & Samsu, L. M. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Android Untuk Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Wathan Ketangga Sebagai Upaya Untuk Peningkatkan Minat Belajar Siswa. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 2(2), 53-60.

Sugito, S. (2021). Pengenalan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 3(2), 1–6. https://doi.org/10.34012/bip.v3i2.1717

Syahri, S. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Ekstrakurikuler di MI Nahdatul Ulama Sumber Agung. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 6(2), 132–143. https://doi.org/10.32505/3013

Syahrul, R. (2013). Pelaksanaan Lesson Study dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII 5 MTsN Lubuk Buaya Padang. Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran, 1(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.