Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris SMP N 3 Pleret

Anisa Agus Ariyani, Hartuti Hartuti

Abstract


Pembelajaran Bahasa Inggris sangat penting dalam membantu siswa untuk  memperoleh keterampilan berbahasa dengan baik. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengumpulkan data serta informasi mengenai peningkatan minat belajar Bahasa inggris melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan model atau gaya mengajar pembelajaran dengan mengakomodir, melayani, memenuhi serta mengakui keberagaman siswa dan siswi didalam proses belajar sesuai dengan kesiapan, dan minat belajar peserta didik yang berbeda‑beda. Metode yang digunakan dalam penyusunan artikel ilmiah ini adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi secara langsung, serta melakukan wawancara dengan guru SMP N 3 Pleret untuk mendapatkan informasi secara detail dan nyata serta menganalisis jurnal yang terkait. Metode pembelajaran yang digunakan SMP N 3 Pleret adalah menggunakan pembelajaran diferensiasi dengan tetap berpedoman dengan buku dan modul dengan kurikulum dari pemerintah yaitu kurikulum merdeka. 


Keywords


Bahasa Inggris, Pendekatan diferensiasi, Kurikulum merdeka.

Full Text:

PDF

References


Hartuti, S.Pd, diwawancarai oleh penulis, Agustus 2023, SMP Negeri 3 Pleret, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wulandari, A. S. (2022). Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan MIPA. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia (Vol.12).

Barlian, U.B.,Yuni, A.S.,Ramadhanty,R.R.,& Suhaeni,Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Multidisiplin. Universitas Islam Nusantara Bandung. (Vol. 1, pp. 815‑822)

https://ejournal.45mataram.ac.id/index.php/armada/article/view/742

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, (Vol.35(2), pp.175–182). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang։ anonym.

Purba, Mariati, dkk. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated instruction), pada kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar. Jakarta։ Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek.

Aiman Faiz, Anis Pratama, I.K. (2019). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846‑2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Atik Siti Maryam. (2021). Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi. Keentrian

Pendidikan, kebudayaan, Riset dan Teknologi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.