Penggunaan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

Dian Wijayanti, Roni Sulistiyono, Fiktiatun Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kerja kelompok untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia bagi siswa di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa siswa di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan lebih tertarik dalam mengerjakan tugas secara berkelompok, hal ini dapat membangun interaksi antar siswa dalam berdiskusi, siswa akan lebih aktif dalam menyampaikan argumen masing-masing siswa dalam berkelompok. Dari hasil observasi di kelas, penulis dapat menyimpulkan bahwa siswa ketika diberikan tugas akan meminta kepada guru untuk tugas tersebut dikerjakan secara berkelompok sehingga memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yakni metode penelitian yang menggunakan objek yang alamiah, penelitian dilakukan dengan observasi di kelas.


Keywords


Pendidikan Karakter, Taruna, SMK N 1 Pleret

Full Text:

PDF

References


Arfiah, S. 2017. Penerapan Metode Kerja Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V C SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan. Jurnal Primary, 6 (1): 267-275.

Asih, N, K. 2019. Penerapan Metode Pemberian Tugas Individu Dalam Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kelas III SD Negeri 1 Sudaji Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Agama dan Budaya, 3 (2): 93-100.

Harefa, D, K. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Resitasi dan Kerja Kelompok. Jurnal Global Edukasi, 4 (5): 271-278.

Niniek Mintarsih. 2014. Penggunaan Metode Kerja Kelompok Dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas II. Dikutip dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/8187/8169. 22 Agustus.

Prasetya, D., Syarifuddin, D,. dan Redi, E, A. 2018. Meningkatkan Partisipasi Dalam Diskusi Kelompok Belajar Menggunakan Bimbingan Kelompok Teknik Homework Assignment. Jurnal Bimbingan Konseling, 6 (2): 1-15.

Sa’dah, N. Efektivitas Layanan Koneseling Kelompok dengan Teknik Homework Assignment untuk Meningkatkan Self Regulation Siswa Kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 4 (1): 9-15.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.