Pemanfaatan YouTube Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 1 Prambanan

Bella A.D. Pratiwi, Rusma Tegar

Abstract


Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana jejaring sosial youtube dapat membantu dalam pembelajaran bahasa inggris. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berupa internet di Indonesia mengalami kemajuan pesat. Beberapa sekolah di Indonesia sudah menggunakan media sosial youtube sebagai media pengajaran, salah satunya dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penulis melakukan penelitian di sebuah sekolah bernama SMP Muhammadiyah 1 Prambanan dari tanggal 7 Agustus 2023 sampai 18 Agustus 2023. Penelitian ini ditulis dengan menggunakan metode kualitatif dan jenis studi lapangan. Dalam kajian ini penulis menemukan bahwa guru bebas menggunakan media sosial youtube sebagai media pembelajaran. Dalam hal ini guru menggunakan media sosial youtube baik sebagai sumber pembelajaran, maupun media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran dan KTSP 2013 yang telah disusun.



Keywords


Pembelajaran bahasa inggris, pemanfaatan, YouTube.

Full Text:

PDF

References


Bandura, A. 2001. Guide for constructing self efficacy scales. (online). (http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanduraGuide2006.pdf, diakses 08 Oktober 2014 pukul 17:36 wib)

Carr, CT., & Hayes, RA. (2015). Social Media: Defining, Developing, and Divining. Atlantic Journal of Gambar 5. Instagram Perpustakaan Universitas Airlangga 78 Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga – Vol. 9 No. 1 Juli–Desember 2019: 72–78 Communication, 23, 46-45.

Kalasi, Rasmita. (2014). "The impact of Social Networking on New age Teaching and Learning: An Overview." Journal of education & social policy, 2014: 45-59.

Miles, M. B. & Huberman, M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

N. Nofatin, S. S. (2019). “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP”. (PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP | Nofatin | Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) (untan.ac.id) diakses 28 July 2023 pukul 15:36 WIB)

Nasrullah, R. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media)

Pribadi, Benny A., 2017, Media dan Teknologi dalam Pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media)

Sanjaya, Wina, Media Komunikasi Pembelajaran (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2014), 73-75.

Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). “Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri”. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES). (View of Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri (uit-lirboyo.ac.id) diakses 28 July 2023 pukul 17:38 WIB)

Ssuryaningsih, A. (2019). “Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik”. jurnal ilmu pendidikan. (DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK | Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan (univpgri-palembang.ac.id) diakses 28 July 2023 pukul 16:37 WIB)

Sumantri Moh. Syarifi, Strategi Pembelajaran, Kota Depok: PT Rajagrafindo, 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.