Respon Siswa Kelas Olahraga Terhadap Pelajaran Bahasa Inggris

Dhea Aulia Nurita Hanung, Ratri Nur Hidayati, Hartuti Hartuti

Abstract


Dari penelitian ini bisa menunjukkan respon siswa kelas olahraga terhadap pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 3 Pleret. Sekolah ini memiliki kelas yang berfokus pada prestasi olahraga. Meskipun kelas ini berfokus pada bidang olahraga, sekolah tetap memberikan pelajaran umum, khususnya Bahasa Inggris. Metode yang penulis lakukan untuk mendapatkan hasil adalah metode kualitatif. Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah. Secara umum penelitian ini menunjukkan kurangnya respon baik yang diberikan oleh siswa kelas olahraga pada saat mata pelajaran bahasa Inggris di sekolah berlangsung. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini, tidak adanya respon yang diberikan oleh siswa terhadap pertanyaan yang diberikan oleh guru, masih adanya kebiasaan buruk yang masih diterapkan, keterbatasan kemampuan bahasa, pengaruh lingkungan, motivasi dan persepsi tentang bahasa mempengaruhi respon yang mereka berikan dalam mengikuti mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas.



Keywords


Bahasa Inggris; Kelas olahraga; Pendidikan; Belajar bahasa; Kemampuan bahasa

Full Text:

PDF

References


Abidin, M. J. Z., Pour-Mohammadi, M., & Alzwari, H. (2012). EFL students’ attitudes towards learning English language: The case of Libyan secondary school students. Asian Social Science, 8, 119.

Anoma B.I. (2005). Outlining as a Model of Essay Writing Instruction at Senior Secondary School. Journal of Contemporary Educational Issues.

Diran, Zulkraini. (2013). Menciptakan Suasana Belajar yang Menyenangkan. https://zulkarnaini.my.id/2013/03/01/411/#:~:text=Suasana%20hati%20peserta%20didik%20pun%20kondusif%2C%20sejuk%2C%20dan,praktisi%20dan%20pemerhati%20pendidikan%29%20Share%20this%3A%20Like%20this%3A

Maduwu, Byslina. (2016). Pentingnya Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah. Jurnal Warta (Edisi: 50). Universitas Dharmawangsa.

Riadi, Muchlisin. (2021). Konsentrasi Belajar – Pengertian, Aspek, Indikator, dan Cara Meningkatkan. https://www.kajianpustaka.com/2021/10/konsentrasi-belajar.html

Suryata, Ata., Mobit., & Kartini, Dedeh. (2022). How is The Attitude towards English? Indonesian Vocational High School Students’ Experiences. Jurnal Pendidikan Bahasa (Vol. 9, No.1). Universitas Singaperbangsa Karawang.

Susanti, Lusy. (2015). Pemberian Motivasi Belajar Pada Peserta Didik Sebagai Bentuk Aplikasi Dari Teori-Teori Belajar. Jurnal PPkn & Hukum. Vol.10 hlm.74-75. Padang, Sumatra Barat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.