Pendekatan Interaktif Guna Meningkatkan Speaking Skill Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Dinda Nur Aida, M Tholkhah Adytas, Witaningsih Witaningsih

Abstract


Artikel ilmiah ini membahas pendekatan interaktif  dalam mengembangkan kemampuan berbicara (Speaking Skill) dalam pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat pendidikan menengah. Dengan pendekatan kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara, penulis mengidentifikasi sejumlah tantangan yang ditemui siswa dan guru dalam mengembangkan proses kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Dari hasil penelitian dan observasi, bisa disimpulkan bahwa pendekatan interaktif ini menjadi solusi untuk meningkatkan Speaking Skill dalam pembelajaran Bahasa Inggris. 


Keywords


Pendekatan Interaktif, Speaking Skill, Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Agistiawati, Eva, and Masduki Asbari. 2020. “Pengaruh Persepsi Siswa Atas Lingkungan Belajar Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Atas Swasta Balaraja.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2(1): 513–23. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/516.

Dauyah, Ema, and Yulinar Yulinar. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswanon-Pendidikan Bahasa Inggris.” Jurnal Serambi Ilmu 30(2): 196.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hamidah, Fitria Nur, and Dion Yanuarmawan. 2019. “Penerapan English For Specific Purposes Untuk Meningkatkan Pengajaran Bahasa Inggris Pada Guru Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara 2(2): 236.

Indra Perkasa, Khaessar, Emzir Emzir, Ratna Dewanti, and Ratna Dewanti. 2018. “ENHANCING ENGLISH SPEAKING SKILL THROUGH JIGSAW COOPERATIVE LEARNING (Action Research In X Class of MIA SMA Negeri 2 DKI Jakarta).” BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 17(2): 46–53.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8). yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Sari sasi gendro, dea aulya. (2022). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. In LP2M UST Jogja (Issue March).

Sya, M. F. (2022). Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode English Is Fun di Sekolah Dasar. 1, 352–356.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.