Cara Meningkatkan Reading Skill di SMAN 1 Imogiri

Fatimah Azzahra, Fauzia Fauzia, Harowi Sutinah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi strategi, metode, dan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca (reading skill) di SMAN 1 Imogiri. Meningkatkan keterampilan membaca dalam bahasa Inggris penting karena membaca adalah aspek penting dari keterampilan berbahasa yang harus terus ditingkatkan. Penelitian ini dilakukan pada Senin, 07 Agustus 2023, dengan pendekatan kualitatif melalui observasi, wawancara, dan sumber data lainnya. Penelitian ini fokus pada pendekatan kontekstual dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa di SMAN 1 Imogiri. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang berkelanjutan untuk mengembangkan metode dan pendekatan yang dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Melalui pendekatan yang tepat, diharapkan bahwa siswa dapat memperoleh manfaat jangka panjang dari kemampuan membaca, termasuk kemampuan berpikir kritis, peningkatan kosakata, pemahaman mata pelajaran, dan kemampuan berbahasa yang lebih baik.



Keywords


Meningkatkan, Reading skill, SMAN

Full Text:

PDF

References


David Nunan, Practical English Language Teaching: Reading (America: Contemporary, 2003), 2.

Bolton, K. (2019). Braj B. Kachru and Asian Englishes. World Englishes, 38(1–2), 67–77. https://doi.org/10.1111/weng.12414

Saville-Troike, M. and Barto, K., 2017. Introducing second language acquisition. Cambridge University Press.

Nation, P. (1990). Knowledge of language and ability for use. Applied Linguistics, 10/2.

Grabe, W. (1991). Current development in second language reading research. TESOL Quarterly,25, 375-406

Oller, J.W & Hinofotis, F.B. (1980). Two mutually exclusive hypotheses about second language ability: indivisible or partially divisible competence. In J.W.Oller and K.Perkins (eds.) Research in language testing (pp.13-23). Rowley Mass.: Newbury House.

Muis, S. F. (2013). Kemampuan membaca pemahaman literal dan interpretatif melalui pendekatan konstruktivisme. Al-MUNZIR, 6(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.