Peran Guru dalam Pengkondisian Kelas pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 Kasihan

Fawnia Giri Attaya, Rahmi Munfangati, Giarti Puspa

Abstract


Observasi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan guru dalam pengkondisian kelas khususnya pada pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Pertama. Guru memiliki peran yang krusial dalam mengkondisikan para murid di kelas pada pembelajaran bahasa Inggris. Metode yang penulis lakukan untuk mendapatkan hasil adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung dengan guru bahasa inggris di sekolah. Secara umum, observasi ini menunjukkan peranan guru dalam menciptakan kondisi yang nyaman ketika kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris berlangsung, sehingga para siswa dapat lebih fokus terhadap kegiatan yang berlangsung.

Keywords


Peran Guru; Pengkondisian Kelas; Manajemen Kelas; Pembelajaran Bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48-60.

Pamela, I. S., Chan, F., Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan guru dalam mengelola kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23-30

Pristianto, A., Damayanti, A., Suryani, N., Rahman, F., & Setiyaningsih, R. (2019). Upaya Pencegahan Dan Edukasi Gangguan Postur Pada Siswa Sdn 03 Pabelan Sukoharjo. The 9th University Research Colloqium (Urecol), 9(1).

Faturohman, N., & Gunawan, A. (2021). Tantangan lembaga pendidikan dasar dalam penyelenggaraan pendidikan pasca pandemi covid-19 di Kabupaten Serang. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 433-442.

Turhusna, D., & Solatun, S. (2020). Perbedaan individu dalam proses pembelajaran. As-Sabiqun, 2(1), 18-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.