Penanaman Nilai Budaya pada Siswa SMA N 1 Jetis Melalui Kegiatan Seni Budaya

Fairuz Annisa Zahrani, Ardi Kurniawan, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Pendidikan budaya merupakan komponen penting dari pengembangan pribadi dan sosial siswa. Namun, perkembangan teknologi dan globalisasi telah menyebabkan banyak generasi kehilangan kontak dengan akar budayanya. Hal ini dapat merusak identitas budaya dan menyebabkan ketidakmampuan untuk menghormati dan memahami budaya sendiri dan budaya orang lain. Oleh sebab itu, adanya penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keaktifan strategi penanaman nilai-nilai budaya melalui kegiatan Seni Budaya bagi siswa SMA Negeri 1 Jetis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi di SMA Negeri 1 Jetis dilakukan sesuai prosedur yang berlaku di lingkungan sekolah. Pengamatan yang terus menerus memastikan bahwa proses pembelajaran tidak terganggu. Tahapan penelitian ini meliputi tahap awal yaitu pengumpulan data dari sumber pustaka yang relevan dengan topik penelitian. Kedua, data dianalisis secara kualitatif oleh peneliti dengan menggunakan metode analisis isi. Terakhir adalah menyimpulkan hasil penelitian dari analisis dan interpretasi data yang telah dilakukan.Melalui kegiatan seni budaya, siswa dapat mempelajari nilai-nilai budaya seperti rasa hormat, toleransi, kerjasama, tanggung jawab dan empati yang merupakan bagian integral dari nilai-nilai budaya.  Kegiatan seni budaya dapat membantu memperkuat reputasi sekolah sebagai lembaga yang berkomitmen untuk mengedepankan budaya, nilai-nilai tradisional, dan keberagaman. Selain itu, kegiatan seni budaya memiliki pengaruh terhadap cara guru mengajar diantaranya yaitu guru diberikan tantangan untuk dapat merancang kegiatan seni budaya yang menarik dan informatif.

Keywords


Seni, Budaya, Nilai Budaya, Pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abd R., S. A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam.

Ageng, E. K. (2021). Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Penanaman Nilai Etos Berprestasi. Jurnal Ilmiah Mandala Education.

Agustinus, S. (2019). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Karakter Siswa Kelas V di Gugus II kasihan Bantul Yogyakarta. Jurnal Universitas PGRI Yogyakarta.

Desy, F. S. (2022). Nilai-Nilai Budaya dan Upaya Pembinaan Aktivitas Keagamaan di MTS N 1 Bantul. PANDAWA : Jurnal Pendidikan dan Dakwah.

Edwin, S. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.

Evi, I. S. (2021). Peran Budaya Sekolah dalam Pembentukan Karakter Siswa SDN 3 Klangenan. Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Husni, M. (2020). Dampak Implementasi Pengembangan Budaya Mutu Akademik Religius Kepala Madrasah Dalam Membangun Sikap Sosial. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 103-104.

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. TARBAWI, 87-90.

Sagala, S. (2013). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing Organisasi Pendidikan. Bandung.

Sumarto. (2019). Budaya, Pemahaman dan Penerapannya "Aspek Sistem Religi, Bahasa, Pengetahuan, Sosial, Kesenian dan Teknologi". Jurnal Literasiologi.

Syukri. (2019). Pengaruh Budaya Terhadap Sikap dan Perilaku Keberagaman. Jurnal At-Taujih Bimbingan dan Konseling Islam.

Y., a. (2011). Pengembangan Budaya Sekolah Berprestasi: Studi Tentang Penanaman Nilai Dan Etos Berprestasi di SMA Karangturi. Jurnal Komunitas.

Zahra, L. (2023). Pengaruh Budaya Sekolah dalam Pembentukan Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.