Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Praktik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Unggulan Aisyiyah

Heppy Gusfathul Charisy, Wachid Eko Purwanto, Anisatul Azizah

Abstract


Model pembelajaran berbasis praktik ini bertujuan untuk melatih siswa dalam mengembangkan keterampilan berbicara, mendengar, membaca, dan menulis secara aktif dan memungkinkan mereka untuk berkomunikasi dengan lancar dan efektif dalam berbagai situasi. Implementasi Project Based Learning telah terbukti mampu meningkatkan hasil pembelajaran dan efektivitas dalam berbagai aspek di sekolahan. Salah satu keuntungan utama dari pembelajaran berbasis proyek ini adalah bahwa peserta didik dapat membawa pembelajaran menjadi inovatif dan kreatif dengan melibatkan beberapa proyek nyata peserta didik dapat mengembangkan keterampilan praktis seperti pemecah masalah, kolaborasi, dan komunikasi yang sangat diperlukan dalam kehidupan di sekolah. Dalam beberapa kasus, model pembelajaran Project Based Learning ini masih banyak kekurangan seperti ada beberapa peserta didik merasakan kesulitan dalam melakukan praktik, dengan waktu yang digunakan terlalu lama, dan banyaknya media dan alat yang digunakan.


Keywords


Project Based Learning, Praktik Pembelajaran, Model Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. (2012). Modeil Peimbeilajaran Iinovatiif. Iin A Daryanto & Mulyo Rahardjo (Eids.), Modeil Peimbeilajaran Iinovatiif (pp. 162). Yogyakarta: Gava Meidiia.

Mulyasa. (2014). Peingeimbangan dan Iimpleimeintasii Kuriikulum 2013. Iin A. Mulyasa (Eid.), Peingeimbangan dan Iimpleimeintasii Kuriikulum 2013 (pp. 145). Bandung: Reimaja Rosdakarya.

Sugiihartono, dkk. (2013). Psiikologii Peindiidiikan. Iin A Sugiihartono & friieinds (Eid.), Psiikologii Peindiidiikan (pp. 84). Yogyakarta: UNY Preiss.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.