Peran E-Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Marshanda Shafa Aulia, Japen Sarage, Tri Hari Nurdi

Abstract


Pada era modern ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang sangat cepat. Hal ini menyebabkan munculnya metode dan media pembelajaran berbasis elektronik atau e-learning. E-learning merupakan salah satu media pembelajaran yang sering digunakan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa, khususnya kemampuan speaking. Salah satu sekolah yang menggunakan media e-learning dalam meningkatkan kemampuan speaking siswa adalah SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.  Penelitian ini fokus pada peran dan efektivitas e-learning dalam meningkatkan kemampuan speaking siswa. Metode yang digunakan merupakan kualitatif-deskriptif menggunakan teknik wawancara narasumber (salah satu guru Bahasa Inggris) dan observasi secara langsung. Hasil yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pemanfaatan e-learning terbukti efektif jika media tersebut berperan sebagai pendukung proses pembelajaran, bukan menggantikan peran guru dan sekolah dalam proses pembelajaran speaking. 



Keywords


E-learning; kemampuan speaking; media pembelajaran; peran e-learning

Full Text:

PDF PDF PDF

References


Bahrani, T., & Soltani, R. (2012). How to teach speaking skill. Journal of education and Practice, 3(2), 25-29.

Baker, J., & Westrup, H. (2003). Essential speaking skills. A&C Black.

Darajaad, R. (2016). Pengaruh minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3).

Hamzah, A., Surjakusuma, Y., & Hermana, D. (2018). Penggunaan multimedia interaktif dan e-learning untuk meningkatkan hasil pembelajaran bahasa inggris. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 3(2).

Jatirahayu, W. (2013). Guru berkualitas kunci mutu pendidikan. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif.

Keiler, L. S. (2018). Teachers’ roles and identities in student-centered classrooms. International journal of STEM education, 5, 1-20.

Kitagaki, I. (2012). E-learning for English Speaking Skill and the Experiment. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 64, 306-309.

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. John Wiley & Sons.

Moriarty, J. (2011). Qualitative Methods Overview. (SSCR Methods Reviews). National Institute for Health Research School for Social Care. http://eprints.lse.ac.uk/41199/1/SSCR_Methods_Review_1-1.pdf

Nagy, A. (2005). The impact of e-learning. In E-Content: Technologies and perspectives for the European Market (pp. 79-96). Berlin, Heidelberg: Springer Berlin Heidelberg.

Noesgaard, S. S., & Ørngreen, R. (2015). The effectiveness of e-learning: an explorative and integrative review of the definitions, methodologies and factors that promote e-learning effectiveness. Electronic Journal of E-learning, 13(4), 278-290.

Overby, K. (2011). Student-centered learning. Essai, 9(1), 32.

Payne, S. (2007). Qualitative methods of data collection and analysis. Research methods in palliative care, 139-161.

Rana, H., & Lal, M. (2014). E-learning: Issues and challenges. International Journal of Computer Applications, 97(5).

Richards, J. C. (2008). Teaching listening and speaking (Vol. 35, No. 4). Cambridge: Cambridge university press.

Riyana, C. (2012). Media pembelajaran. KEMENAG RI.

Sabina, Z. (2018). The importance of teaching listening and speaking skills. World Science, 7(34), 52-55.

Shin, J. L. K., & Yunus, M. M. (2021). A Systematic Review of E-Learning in Teaching And Learning of Speaking Skills. Int. J. Acad. Res. Bus. Soc. Sci, 11, 725-740.

Su, A. A. T., Cao, T. X. T., & Nguyen, T. L. A. (2021). Improving English Speaking Ability Through E-Learning. AsiaCALL Online Journal, 12(2), 58-71.

Suharni, S. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 172-184.

Thanh, N. C., & Thanh, T. T. (2015). The interconnection between interpretivist paradigm and qualitative methods in education. American journal of educational science, 1(2), 24-27.

Yana, D. (2016). A Needs Analysis for English Speaking Syllabus Development. ANGLO-SAXON: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, 7(2), 122-130.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker Jr, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning?. Communications of the ACM, 47(5), 75-79.

Zhang, D., Zhou, L., Briggs, R. O., & Nunamaker Jr, J. F. (2006). Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information & management, 43(1), 15-27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.