Strategi dan Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SMP Negeri 3 Sewon

Amalia Putri Rurina, Sutipyo Ru’iya, Muhlishin Muhlishin

Abstract


Pendidikan merupakan aspek kehidupan yang penting untuk mengubah manusia menjadi orang yang berkarakter mulia. Namun, masih ada karakter yang belum sesuai dengan norma, terutama dengan nilai-nilai Islam. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi untuk menanamkan karakter pada siswa-siswa di sekolah agar tujuan pendidikan terwujud. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan implementasi pendidikan karakter religius di sekolah menengah pertama, yaitu SMP Negeri 3 Sewon Bantul. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan cara catatan pengamatan, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penanaman karakter religius di SMPN 3 Sewon Bantul dominan dilakukan melalui metode pembiasaan. Contohnya yaitu pembiasaan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun), pembiasaan sholat berjamaah dan membaca doa asmaul husna, dan peduli kebersihan. Strategi tersebut diimplementasikan melalui budaya sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini ialah strategi yang dirancang oleh pihak sekolah dapat diimplementasikan dengan cukup baik sehingga tumbuh karakter religius siswa yakni karakter sopan dan santun, disiplin dan bertanggung jawab, serta peduli terhadap lingkungan.

Keywords


Implementasi, Karakter Religius, Strategi

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Ansori, R. A. M. (2016). Strategi Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Peserta Didik. Jurnal Pusaka: Media Kajian Dan Pemikiran Kalam, 8, 14–32. http://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnal_pusaka/article/view/84

Anwar, M. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB ANAK SMP. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 32–51.

Ayu, L. G., Khadijah, & Ahmad, A. (2020). Penanaman Sikap Sopan Santun Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri (Smpn) 1 Koto Xi Tarusan. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.15548/mrb.v3i1.1322

Efianingrum, A. (2016). Kultur Sekolah. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 19. https://doi.org/10.22146/jps.v2i1.23404

Febrian, V., & Harmanto, H. (2021). Strategi Penanaman Karakter Mandiri Dan Disiplin Melalui Metode Pembiasaan Di Smpn 3 Peterongan Jombang. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 412–426. https://doi.org/10.26740/kmkn.v10n2.p412-426

Helaluddin, & Wijaya, H. (2019). ANALISIS DATA KUALITATIF: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik (pertama). Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method) (C. Rahayu (ed.); pertama). Hidayatul Quran Kuningan.

Kh., E. F. F., & Mukhlis, G. N. (2017). Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman: 13-19. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3a), 42–51. http://103.114.35.30/index.php/Pedagogi/article/view/1032

Mushfi, M. El, Iqbali, & Fadilah, N. (2019). INTERNALISASI KARAKTER RELIGIUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NURUL JADID. Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 1–25.

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 237. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.366

Purwanti, D. (2017). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Implementasinya. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i2.17622

Ru’iya, S. (2014). Kreativitas, Pemacu Dan Penghambatnya Dalam Kehidupan Manusia. Al-Misbah, 02(02), 205–217.

Ru’iya, S., & Sari, D. N. I. (2023). Implementasi Kepribadian Tanggung Jawab Guru ISMUBA di MI Muhammadiyah Kenteng. Al-Manar, 12(1), 47–59. https://doi.org/10.36668/jal.v12i1.399

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan kearah pembentukan karakter. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2), 262–278. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/view/374


Refbacks

  • There are currently no refbacks.