Peran Guru ISMUBA Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo Kasihan

Annisa Ulwahida, Sutipyo Ru'iya, Darusman Darusman

Abstract


Keberhasilan dalam pendidikan dipengaruhi oleh kemampuan guru sebagai seorang pendidik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, tantangan yang dihadapi guru dalam melakukannya, dan solusi yang mereka ambil untuk meningkatkan hasil belajar siswa. motivasi peserta didik di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo perlu ditingkatkan lagi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu kualitatif, Data yang digunakan dalam penelitian ini; data primer. Guru mungkin mengkaji penyebab lambannya belajar siswa dan prestasi akademis yang buruk dalam upaya menginspirasi mereka. Karena dalam interaksi pendidikan bisa saja ada siswa yang tidak mau belajar dan hal-hal lain, maka guru harus selalu berperan sebagai motivator. Guru Mengupayakan peningkatan motivasi belajar siswa dengan meningkatkan media pembelajaran. Motivasi dapat efektif bila dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan siswa.

Keywords


Peran Guru Ismuba, Meningkatkan Motivasi, Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Febriana Intan Anggorowati, peran guru islam kemuhammadiyahan dan bahasa arab dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-qur'an siswa. tahun 2019/2020, hal 3-5.

ARIANTI, ARIANTI, ‘Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12.2 (2019), 117–34.

Hidayati, N, and A Ghofar, ‘Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Di SMK Muhammadiyah 2 Wates’, Prosiding Seminar Nasional Hasil …, 2022, 221–28.

Ihsan, and Muhammad Nur Maallah, ‘Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik’, Istiqra`: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2.1 (2014), 25–35.

Maulan, Fitri, Ru Sutipyo, and Ambar Wati Ningsih, ‘Upaya Guru ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Dan Bahasa Arab) Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa Di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan’, 2022, 1802–8.

Khoir, M. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Mi Dengan Media Permainan Tradisional Di Kampung Main Mojopahit. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 61–80.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.