Cara Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Minggir

Mayla Isna Fadia, Azwar Abbas, Fajar Aris Setiawan

Abstract


Anak sekolah mempunyai minat belajar yang berbeda-beda, khususnya belajar bahasa Inggris. Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk memahami tingkat minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris, faktor-faktor yang mempengaruhi minat tersebut, dan implikasinya terhadap pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif. Penelitian dilakukan secara kualitatif melalui survei angket, wawancara langsung dengan guru, dan buku atau majalah ilmiah dengan topik yang diminati siswa. Hasil survei dan wawancara menunjukkan bahwa guru memerlukan motivasi khusus untuk mengembangkan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Faktor yang mempengaruhi minat siswa adalah metode pengajaran yang menarik, hubungan baik antara guru dan siswa, dan kesempatan komunikasi bahasa Inggris di luar kelas. Faktor eksternal seperti dukungan keluarga dan kesadaran akan manfaat globalisasi juga meningkatkan minat siswa.



Keywords


Kendala Minat Siswa, Minat siswa, Minat dalam bahasa Inggris, Pembelajaran bahasa Inggris

Full Text:

PDF

References


Anzar. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SD Negeri 20 Meulabah, Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Bina Gogik.

Creswell, J. (2010). Research design.

Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriantoro, N. (2012). Metodology Penelitian Bisnis.

Kusuma, C. S. (2019). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran. Efisiensi Kajian Ilmu Administrasi.

Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research: An Applied Approach.

Roinah. (2019). Problematika dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran di Stain Bengkalis. Quality, 7(1), 153-166.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syahputra, I. (2014). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Siswa. Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), 127-145.

Yusdi, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.