Analisis Peningkatan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Meisya Syifana Putri, Rahmi Munfangati, Giarti Puspa

Abstract


Harapan dari penelitian ini adalah memahami analisis peningkatan minat anak pada pembelajaran bahasa inggris. Metode dari penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan, mengilustrasikan, atau menjelaskan objek penelitian dengan cara yang sistematis, konkret, dan akurat terkait dengan fakta yang sedang diteliti. Dari capaian wawancara kepada salah satu guru bahasa inggris yang ada di suatu sekolah menengah pertama negeri, didapati cara pengkodisian yang dapat dilakukan guru sebelum memulai pembelajaran, cara untuk menjaga ketenangan siswa ketika pelajaran sedang berlangsung, cara menumbuhkan minat siswa untuk mempelajari bahasa inggris, metode pengajaran yang tepat kepada siswa, interaksi antara siswa dan guru, dan cara menyikapi perbedaan sikap dan minat siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketertarikan siswa pada pembelajaran bahasa inggris bergantung pada cara guru dalam membawakan materi yang diajarkan. Semakin guru asik dalam mengajar bahasa inggris, semakin siswa menikmati pelajaran bahasa inggris yang diajarkan guru tersebut.



Keywords


Bahasa Inggris; Minat; Siswa

Full Text:

PDF

References


Af'idah, I. N., & Yuanto, T. A. (2021). Pengembangan Instrumen Minat dalam Pembelajaran Bahasa Inggris pada Peserta Didik Kelas 3 dan 4 SD/MI. Jurnal Pendidikan SD/MI, 123.

Agustin, D. J. (2021). Analisis Kesulitan Pronunciation Bahasa inggris Siswa Kelas 4 SDN Jati 5 Kota Tangerang Banten. 1.

Akbar, R. M., Nuriman, & Agustiningsih. (2012). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar IPA Pokok Bahasan Energi Panas dan Bumi Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV B MI Muhammadiyah Sidorejo Tahun Pelajaran 2013/2014. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 3.

Chairina, Viona, ‘Kedudukan Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Pengantar Dalam Dunia Pendidikan’, 2019, 354–64 https://doi.org/10.31227/osf.io/xdqjg

Depdiknas. 2006. Standart Kompetensi Kurikulum 2006: BNSP Silabus Mata Pelajaran

Bahasa Inggris. Jakarta: Depdiknas

Maili, S. N. (2018). BAHASA INGGRIS PADA SEKOLAH DASAR: MENGAPA PERLU DAN MENGAPA DIPERSOALKAN. JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA).

Muttaqien, F. (2017). Penggunaan Media Audio-Visual dan Aktivitas Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Vocabulary Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Wawasan Ilmiah.

Sutarsyah, C. (2017). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI MUATAN LOKAL PADA SEKOLAH DASAR DI PROPINSI LAMPUNG. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.