Meningkatkan Karakter Disiplin pada Peserta Didik di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo

Ardha Mahendra, Sutipyo Ru'iya, Robbi Fadlli Ashidqi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin pada peserta didik di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Karakter disiplin merupakan salah satu nilai karakter yang ada di dalam kompetensi inti sikap sosial yang harus dikembangkan kepada peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian diperoleh dari kepala sekolah, staf bidang kurikulum, pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan dilakukan dengan penegakan aturan yang konsisten, peran guru sebagai teladan, pendidikan karakter secara terintegrasi, serta adanya monitoring dan evaluasi. Melalui pendekatan bimbingan, arahan, dan jika diperlukan penerapan sanksi, hasilnya adalah perkembangan individu yang memiliki nilai-nilai seperti kejujuran, toleransi, tanggung jawab, kreativitas, kedisiplinan, dan kemandirian. Hal ini membentuk individu yang tidak hanya berperilaku baik di lingkungan sekolah, tetapi juga dalam masyarakat umum.

Keywords


Meningkatkan, Karakter, Dan Disiplin

Full Text:

PDF

References


Aditya Wijaya, C. (2018). Sistem Monitoring dan Evaluasi Pengelolaan Program Studi di Institusi Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i1.1723

Astuti, D. N. (2019). Upaya Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Dengan Reward Sticker Picture Di Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(8), 370–380.

Chan, F., Kurniawan, A. R., Melinda, L. G., Priantini, R., Zubaedah, Z., Suharti, S. R., & Khodijah, S. (2020). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Sd Negeri 187/1 Teratai. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.24903/pm.v4i2.405

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Faizah, N. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Disiplin Tata Tertib Sekolah Di SMA Negeri 2 Klaten. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1(1), 109.

Hariyati. (2019). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Kedisiplinan di SMK N 6 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional PEP 2019, 1, 1–3. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/snpep2019/article/view/5620

Marzuki, S., Kistoro, H. C. A., & Ru’iya, S. (2021). Kedisplinan Sholat Siswa Di Smk Muhammadiyah 2 Sleman Ditinjau Dari Pengaruh Penggunaan Gadget. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 5(1), 027. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v5i1.378

Rosikum, R. (2018). Pola Pendidikan Karakter Religius pada Anak melalui Peran Keluarga. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Saputra, H., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Model Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Aisyiyah Kalianda Lampung Selatan. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.29408/didika.v8i1.5671

Wiliandani, A. M., Wiyono, B. B., & Sobri, A. Y. (2016). Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora, 4(3), 132–142.

Yuliawati, F. (2014). Penerapan Pendidikan Karakter yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Bidayah, 6(2), 159–182.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.