Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Banguntapan

Putri Tyaga Rahmandika, Sutipyo Ru'iya, Syaiful Dinata

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi minat siswa dalam memahami mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 1 Banguntapan. PAI adalah salah satu mata pelajaran yang wajib diambil oleh semua siswa di sekolah, dan setiap siswa memiliki minat yang beragam terhadapnya. Penelitian ini bertujuan khususnya untuk menggali minat belajar siswa di kelas VII A SMP Negeri 1 Banguntapan. Pendekatan penelitian ini adalah metode kualitatif yang dipadukan dengan penelitian lapangan. Sumber utama data berasal dari guru PAI dan siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Banguntapan, dan data dikumpulkan melalui observasi partisipan. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan rentang nilai yang diterapkan dalam program belajar mandiri. Proses pengumpulan data melibatkan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara bersamaan. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa minat siswa dalam memahami PAI mencakup beberapa aspek, seperti perhatian siswa terhadap topik PAI yang mencerminkan perhatian yang konsisten, pemanfaatan waktu luang siswa untuk mempelajari PAI secara teratur, dan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran yang menghasilkan respons positif dan antusias. Oleh karena itu, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI dinilai positif.



Keywords


Minat Belajar, Siswa, Mata Pelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Agustina, R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Amelia, P. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Citra Bangsa. Thesis,

Fransiska, R. M., & Wiranata, I. H. (2022). Penerapan Merdeka Belajar dalam Menumbuhkan Minat dan Bakat Siswa di SDN 1 Pisang. Seminar Nasional Sains, 2013, 2022.

Mukkaromah, L., & Vardia, M. A. (2021). Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(2), 117–124. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i2.733

Nafaridah, T., Maulidia, L., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., Maya Kesumasari, E., Lambung Mangkurat Jl Brig Jend Hasan Basri, U., & Banjarmasin, K. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin The Analysis of P5 Activities as the Application of Differentiated Learning in the Free Curriculum of the Digital Era at SMA. Seminar Nasional(PROSPRK II), 15.

Nasution, E. Y. P. (2018). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 44. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.217

Pebrianti, L. (2019). ANALISIS DESKRIPTIF TENTANG MINAT BELAJAR SISWA PADA JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 TAPUNG. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–75.

Rahmawati, S. (2021). Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran PAI Di SD Plus Citra Madinatul Ilmi Banjarbaru. Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 21(1), hlm 70-72.

Ru’iya, S., Kistoro, H. C. A., Sutarman, S., & ... (2021). Meningkatkan minat belajar siswa di masa pandemi Covid-19 melalui media komik. Community Empowerment, 6(6), 1021–1028. http://journal.unimma.ac.id/index.php/ce/article/view/4914

Ru’iya, S., & Masduki, Y. (2022). Model Pembelajaran Akidah Akhlak Pada Sistem Pendidikan Daring Di Masa Covid-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1), 86–100. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i1.27816

Sari, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Qur ’ an Hadits. Islamic Insights Journal, 04(01), 29–42.

Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan, 42(2), 107–115.

Zaid Syaputra, I. (2022). MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Lapangan pada Siswa SMAN 3 Kota Tangerang Provinsi Banten). 148. http://repository.umj.ac.id/id/eprint/8632


Refbacks

  • There are currently no refbacks.