Pembiasaan Nilai-nilai Keislaman dalam Pembentukan Generasi Unggul di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Chairani Lailatul Arafah, Arif Rahman, Syadah Khusniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebuah gambaran dan menganalisis kegiatan dalam pembiasaan nilai-nilai keislaman yang diterapkan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dalam upaya pembentukan generasi yang unggul. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data yang didapatkan yaitu berupa sekunder dan primer. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berlangsung selama 8 hari. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pengamatan di lapangan. Hasil penelitian dari tulisan ini adalah terciptanya generasi unggul yang tidak hanya memiliki nilai-nilai intelektualitas saja, namun memiliki nilai-nilai keislaman juga. Dengan pembiasaan nilai-nilai keislaman dalam menyeimbangkan aspek pengetahuan umum yang diterapkan di SMA 1 Muhammadiyah Yogyakarta mampu membentuk generasi unggul dengan berbagai prestasi yang diraih.

Keywords


Pembiasaan, Nilai-nilai Keislaman, Generasi Unggul

Full Text:

PDF

References


Affiza. (2022). Pengaruh Pembiasaan Nilai-Nilai Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII MTS Turus Pandeglang. 8.5.2017, 2003–2005.

Anjaryati, F. (2009). Model Pendidikan Kedisiplinan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Uin Sunan Kalijaga.

Bunga, N., Patih, M., Mahmudah, S. R., & Masduki, Y. (2022). Peningkatan Baca Tulis Al Qur ’ an melalui Matrikulasi BTQ di SMA Muhamadiyah 1 Yogyakarta. 1791–1795.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain riset. Yogyakarta: pustaka pelajar, 1-634.

Ikhsanto, jurusan teknik mesin L. N. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Keislaman Melalui Pembiasaan Praktik Keagamaan Siswa Kelas 3 MI Al-Jauharotun Naqiyyah Bandar Lampung. 21(1), 1–9.

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahman, A. (2016, October). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75-88.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632


Refbacks

  • There are currently no refbacks.