Upaya Guru Mengembangkan Karakter Jujur Peserta Didik SMP Muhammadiyah Banguntapan

Dika Rizki Lucky Sacitra, Hanif Cahyo, Siti Munawaroh

Abstract


Kejujuran merupakan kualitas yang penting bagi peserta didik. Kejujuran adalah modal mendasar yang membantu peserta didik mencapai hasil akademik dan non-akademik. Jurnal ini membantu meneliti bagaimana tugas pendidik dalam membantu membentuk kepribadian jujur peserta didik. Dalam membentuk karakter jujur semua pihak terpenting keluarga dan pendidik. Tugas keluarga sangat penting khususnya dalam pembentukan awal kepribadian jujur. keluarga berperan untuk penyampai nilai dan teladan bagi peserta didik. Sedangkan sekolah menjadikan salah satu tempat melatih kejujuran peserta didik. Di madrasah, peran guru sangat penting terutama dalam mentransfer nilai-nilai dalam pembentukan semangat kejujuran atau agresi melalui hubungan positif, dan lingkungan yang mendukung untuk peserta didik. yang akhirnya, kerjasama orang tua dan pendidik menjadi penting dalam membangun kepribadian yang jujur.

Keywords


Jujur, Guru, Karakter

Full Text:

PDF

References


Kholifah, W. T. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115-120.

Munif, M., Rozi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Fondatia, 5(2), 163-179.

Pratiwi, N. D. (2021). Peran guru dan orang tua dalam membentuk karakter jujur pada anak. Tunas nusantara, 3(1), 324-335.

Putri, S. M., & Kurniawan, M. R. (2019, August). Komik pendidikan karakter sebagai upaya penanaman pendidikan karakter di SD. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PAGELARAN PENDIDIKAN DASAR NASIONAL (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 132-141).

Suhaili, H., & Syafwan, S. (2021). Upaya Guru PPKN dalam Meningkatkan Sikap Jujur Siswa. IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, 1(2), 39-47.

Sulistiawati, A., & Nasution, K. (2022). Upaya Penanaman Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Telaah Pendekatan Struktural Fungsional Talcott Parsons. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 24-33.

Sundari, A. (2020). Sinergitas Orang Tua-Guru dalam Membentuk Karakter Jujur dan Daya Juang Siswa. Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi, 1(2), 119-128.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.