Media Pembelajaran Audio, Video dan Musik Sebagai Penunjang Minat Belajar Bahasa Inggris di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan

Teddy Prasetia, Sugiyarti Sugiyarti

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bahwa musik dapat menjadi media pembelajaran yang menarik di dalam kelas karena murid dapat belajar bahasa inggris dengan mudah dan hal ini cukup mudah diingat oleh murid di SMP Muhammadiyah 1 Seyegan. Metode yang peneliti gunakan untuk mendapatkan hasil adalah metode kualitatif dan data dikumpulkan dengan cara observasi dan wawancara. Artikel ini menunjukan bahwa minat siswa belajar Bahasa Inggris dengan bantuan media audio, video dan musik dapat meningkatkan daya tarik murid terhadap materi yang  ingin disampaikan dengan harapan siswa mendapatkan kosa kata baru dan dapat belajar pronounciation dari media pembelajaran ini.



Keywords


Musik; Media Pembelajaran; Pelajaran Bahasa Inggris; Bahasa Inggris.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2017). Indeks Budaya Literasi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun Akademik 2017. Suhuf, 29(2), 150-167.

Faishol, R. (2018). Pengembangan Paket Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas IV Menggunakan Model Dick, Carey &

Carey di SD Negeri 2 Tamanagung. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 2(2), 31–49.

Faishol, R., Meliantina, M., Ramiati, E., & Putri, E. I. E. (2021). PENDAMPINGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SISWA DENGAN MEMANFAATKAN BARANG BEKAS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KREATIVITASBELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19. ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 92–100.

Handayani, E. S. dan Subakti H. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SDN 027 Samarinda Ulu. Vol.3, No.2, Desember 2020. Halaman 81-89 https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90

https://sea.pcmag.com/news/29537/generation-z-prefers-youtube-over-textbooks-studyfinds. 21 November 2020. 06:52.

Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 34. https://doi.org/10.32493/informatika.v2i1.1503

Maduwu, B. (2016). PENTINGNYA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH. Warta Dharmawangsa, 0(50). https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/207

Malang, U. N. (2017). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO SEBAGAI MEDIA. 96–102.

MEMAHAMI KARAKTERISTIK ANAK - Fipin Lestari, Fransisca Maylita, Nurul Hidayah, Porita Devi Junitawati - Google Buku. (n.d.). Retrieved August 24, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=YI4mEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=perbedaan+karakteristik+siswa+di+kelas+menurut+para+ahli&ots=-I0sHSLuiI&sig=WJ5sMPk2Y4st6qPDEoIaHRaXHSI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Pendidikan, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.

Purnaningsih, P. (2017). Strategi Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Inggris.

Purwokerto, U. A. (2021). PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN BANTUAN MEDIA VIDEO PENDEK YOUTUBE. 5(1), 14–24.

Santoso, D. A. A., Muniroh, Z., & Akmaliah, N. (2019). Pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan berbicara bahasa Inggris. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(2), 181-194.

Smith, A. 2018. Generation Z Prefers YouTube Over Textbooks, Study Finds. PCMagazine.

Wahyono, I. (2019). STRATEGI KIAI DALAM MENSUKSESKAN PEMBELAJARAN NAHWU DAN SHOROF DI PONDOK PESANTREN AL-BIDAYAH TEGALBESAR KALIWATES JEMBER. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(2), 18–32.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.