Penerapan Kedisiplinan Pelajar Muhammadiyah di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta

Farida Ramadhani, Arif Rahman, Syahdah Khusniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan kedisiplinan pelajar Muhammadiyah pada peraturan yang ditetapkan di lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, serta menganalisis dan menggambarkan penerapan kedisiplinan pelajar Muhammadiyah di sekolah. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini diperoleh dengan mengumpulkan data melalui observasi non partisipan, wawancara dan dokumentasi di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sudah berhasil menerapkan kedisiplinan bagi pelajar Muhammadiyah terkait disiplin berpakaian, disiplin waktu, disiplin ibadah, disiplin sikap dan disiplin belajar dengan sangat baik. Sehingga tercipta lingkungan belajar mengajar yang kondusif dan efektif, membantu meningkatkan prestasi belajar, dan mengembangkan karakter positif pelajar Muhammadiyah secara keseluruhan. Disiplin juga membantu membentuk sikap tanggung jawab, ketekunan, kerja keras, dan kejujuran yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan pelajar. Hasil penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya kedisiplinan bagi pelajar dalam konteks pendidikan di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Keywords


Penerapan, Kedisiplinan, Pelajar, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Idrus, M. (2009). Metode Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Erlangga.

Mardikarini, S., Candra, L., & Putri, K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37.

Musmiah, S. B., Nuryani, Y. R., & Saefudin. (2019). Selamat Datang Masa Remaja. Yogyakarta: Deepublish.

Prasasti, S. (2017, July). Kenakalan Remaja dan Faktor Penyebabnya. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 28-45).

Rahmawati, N. (2016). Kenakalan Remaja dan Kedisiplinan: Perspektif Psikologi dan Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 267-288.

Rahman, A. (2015). Esai-esai Pendidikan Islam dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Diandra.

Rahman, A. (2016, October). Islamic Education in The Era of Technological Wave: A Case in Indonesia Today. In Proceeding of International Conference on Islamic Education (pp. 127-134).

Rahman, A. (2017). Reformasi dan Arah Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 75-88.

Rahmawati, H., Afifah, R., Cholifah, F. N., & Rahman, A. (2021). Signifikansi Kebudayaan dalam Pendidikan: Refleksi Identitas Keberagaman Siswa di Ruang Kelas. Belantika Pendidikan, 4(2), 64-70.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kultur Sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.