Implementasi Akhlak Siswa Terhadap Guru di SMK Muhammdiyah Cangkringan

Fatahillah Akmal Maula, Yusron Masduki, Nur Alifah Inayatullah

Abstract


Tujuan artikel ini membahas penerapan nilai-nilai kitab muta alim ta'lim dalam pengembangan moral siswa SMA Muhammadiyah Cangkringan. Artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dalam desain kasus tunggal. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data dan inferensi. Teknik validasi data dengan validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas dan objektivitas. Hasil penelitian yang diperoleh dari penerapan nilai-nilai kitab Adabul 'Alim Wal Muta'allim menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan akhlak menjadi lebih baik sesuai dengan konsep nilai yang terkandung dalam kitab tersebut. Kendala dalam mewujudkan nilai-nilai Adabul 'Alim Wal Muta'allim adalah faktor internal dan eksternal. faktor internal yaitu kurangnya motivasi siswa dan perbedaan latar belakang serta karakteristik siswa. Sedangkan faktor eksternal disebabkan oleh kesalahan dalam memilih teman pergaulan. Sekolah telah berusaha mengatasi segala hal dengan metode dan pendekatan yang berbeda-beda.

Keywords


Nilai Pendidikan, Kitab Adabul Alim Wal Muta'allim

Full Text:

PDF

References


Abu Hamid. (2010). Ihya` Ulum ad-Din (4th ed., Dar al-Kotob Al-Ilmiyah.

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran nilai - karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai inovasi pendekatan. Rajawali Pers.

Al-Zarnuji, B. I. (n.d.). Ta`limul Muta`alim. Al hidayah.

Apriliani, I., & Justitia. (2021). The Implementation of Islamic Education in Muslim Minority. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 150-161.

Asyari, H. (2018). Adabul ‘Alim wal Muta’allim. Tim Dosen Ma’had Aly Hasyim Asy’ari.

Hidayat, N. (2015). Metode keteladanan dalam pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 135-150.

Ma'arif & Kartiko. (2018). Fenomena Hukuman Hukuman di Pesantren. In F. H. Pesantren, Santri Pondok Pesantren Daruttaqwa Gresik. (pp. 181-196). Gresik: Nadwa.

Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Remaja Rosdakarya.

Mulyana. (2007). Mulyana, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Suatu Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Bandung: PT Remaja rosdakarya.

Murphy, J. (2015). Keajaiban Kekuatan Pikiran. Serambi Ilmu Semesta.

Nata, A. (2011). Studi Islam Komprehensif. Kencana.

Rahman. (2016). Pendidikan Akhlak Menurut Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim.

Rohayati. (2011). Pemikiran al-ghazali tentang pendidikan akhlak. Pemikiran al-ghazali tentang pendidikan akhlak. 93-112.

Rony, & Jariyah. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Membentuk Akhlak Peserta. Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 79-100.

Sanika, E., & Hidayah, (2018). Program Pembentukan Akhlak Siswa Pada Masa Pubertas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 82-93.

Supian, S., Rahman, K. A., Daud, S. M., & Thohirin, N. (2020). Development of PesantrenTeachers In The Perspective of Uswah Nubuwah. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan karakter, Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pendidikan. Kencana Prenada, 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.