Dampak Penggunaan Gadget Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta

Aknes Monika, Fariz Setyawan, Alfian Tyas Kurniawan

Abstract


Gadget adalah sebuah perangkat elektronik portabel yang berfungsi sebagai alat komunikasi, akses informasi, media belajar dan sebagai hiburan. Gadget memungkinkan akses mudah dan cepat ke internet, memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengakses berbagai informasi. Hal ini yang mengakibatkan banyak siswa malah menggunakannya untuk hal negatif. Maka penting untuk menggunakan gadget secara bijak agar tidak mengganggu keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget dalam pembelajaran matematika pada siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang dimaksudkan untuk mengungkap gejala yang lebih mendalam dengan memfokuskan konteks melalui pengumpulan data sebagai sumber nyata dari instrumen kunci penelitian itu sendiri. Oleh karena itu dalam penelitian ini peneliti melakukan observasi, danĀ  wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu :1) Penggunaan gadget dikalangan siswa SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi pembelajaran karena terdapat beberapa siswa yang lebih banyak bermain gadget untuk membuka hal diluar pembelajaran dari pada belajar. 2) Dampak positif penggunaan gadget yaitu mempermudah siswa dalam memahami konsep-konsep matematika melalui visual, sumber referensi yang tidak terbatas dan siswa bisa mengulang mempelajari atau memperdalam materi pemahaman karena matematika ilmu nyata yang membutuhkan pemahaman, sedangkan dampak negatif penggunaan gadget saat jam pelajaran yaitu konsentrasi siswa pada pelajaran menjadi terganggu sehingga mempengaruhi perilaku belajar dan hasil belajar siswa. Beberapa siswa sering membuka internet dan melakukan komunikasi untuk hal-hal kurang bermanfaat yang bisa mengganggu proses pembelajaran.



Keywords


Penggunaan Gadged, Dalam Pembelajaran Matematika

Full Text:

PDF

References


Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P., & Wadu, L. B. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1-7.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian. Humanika, 33-54.

Nikmawati, Bintoro, H. S., & Santoso. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 254-259.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.