Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Matematika dan Dampaknya: Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Fara Aditya Ayu Fadhila, Fariz Setyawan, Alfian Tyas Kurniawan

Abstract


Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan yang telah dilakukan di SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta terlihat bahwa kurangnya minat belajar siswa ketika mempelajari matematika. Hal tersebut karena sebelumnya sebagian siswa sudah berpandangan bahwa mempelajari matematika itu sulit untuk dipahami disebabkan banyaknya rumus yang harus dipelajari serta menjadi pelajaran yang cukup membosankan. Tujuan dari melakukannya kajian literatur ini untuk mengeksplorasi apakah dengan pemanfaatan media pembelajaran yang interaktif pada pelajaran matematika dapat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa di sekolah serta apakah dapat mempermudah siswa dalam belajar matematika. Hasil kajian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif berdampak positif dan dapat berpotensi besar dalam meningkatkan minat belajar matematika pada siswa. Melalui media pembelajaran interaktif, materi yang diperoleh siswa tentunya dapat memberikan pengalaman yang lebih menarik dalam proses pembelajaran yang akan membangkitkan minat belajar matematika pada siswa. Dalam hal ini, guru tetap berperan aktif dalam memaksimalkan penggunaan dari media pembelajaran interaktif. 



Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Minat Belajar, Pelajaran Matematika.

Full Text:

PDF

References


Achru, A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3 (2), 205.

Friantin, R. N., & Winata, R. (2019). Analisis Minat Belajar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(1), 6-11.

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot! Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 8 (1), 95-104.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Rohani, R. (2020). Media Pembelajaran.

Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (SMA). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2).

Sumilat, J. M. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Negeri 2 Tataaran. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 40-46.

Wulandari, S. (2020). Media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat siswa belajar matematika di smp 1 bukit sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43-48.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.