Implikasi Psikologi Keteladanan Guru Terhadap Kepribadian Siswa SMP Muhammadiyah 1 Mlati Sleman

Ghozali Althav Ally Zamman, Yusron Masduki, Denny Indriyani

Abstract


Penelitian ini mengulas peran penting guru sebagai model teladan dalam membentuk kepribadian siswa di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Implikasi psikologi keteladanan guru terhadap pembentukan karakter siswa dianalisis melalui metode studi perpustakaan dengan mengumpulkan dan menganalisis literatur yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki dampak signifikan dalam membentuk kepribadian siswa. Guru yang menunjukkan perilaku positif, moral yang baik, dan kualitas kepemimpinan yang tinggi dapat membentuk pola pikir, nilai-nilai, dan sikap positif pada siswa. Selain guru, faktor-faktor seperti lingkungan keluarga, teman sebaya, dan lingkungan sosial juga mempengaruhi pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi perpustakaan, hasil analisis literatur memberikan wawasan mendalam tentang implikasi penting keteladanan guru dalam membentuk kepribadian siswa. Implikasi penelitian ini dapat membantu mengembangkan pendidikan karakter yang lebih holistik dan berkualitas di sekolah.

Keywords


Keteladanan Guru, Kepribadian Siswa, Lingkungan Sekolah

Full Text:

PDF

References


Ainun Nabila, M. S. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Kepribadian Siswa. Jurnal Pendidikan,Mamba'ul 'Ulum, Vol. 19, No. 1, April 2023: 1-11.

Arifin, Z. (2018). Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2), 127-136.

Assaad, A. B. (2019). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Peserta Didik Kelas IX MTS As'adiyah Puteri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. . UIN Alauddin Makassar.

Dewi Mutmainah , K. (2018). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Sikap dan Kepribadian Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 44-53.

Dodi, N. (2016). Pentingnya guru untuk mempelajari psikologi pendidikan. Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial), 1, 59–63. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/93

Gandewa, B. (2017). PERSEPSI GURU PENJASORKES TERHADAP KONSEP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMP SE-KECAMATAN TURI. SKRIPSI. UNY.

Halimah. . (2018). Sikap Keteladanan Guru dalam Meningkatkan Kepribadian Siswa di MIS Madinatussalam. UIN Sumatera Utara.

Haryadi, R., & Cludia, C. (2021). Pentingnya Psikologi Pendidikan Bagi Guru. Academy of Education Journal, 12(2), 275–284. https://doi.org/10.47200/aoej.v12i2.448

Hidayat. (2019). Peran Guru dalam Membimbing Siswa untuk Mengembangkan Nilai-nilai Positif dan Etika yang Baik.

Kudus, I. (2011). 59 BAB III METODE PENELITIAN Penelitian (research) merupakan rangkaian kegiatan ilmiah dalam rangka pemecahan suatu permasalahan. http://repository.iainkudus.ac.id/2900/7/06.20BAB20III.pdf.

Kurniawan, A. (2016). Pendidikan Karakter Siswa. IAIN Tulungagung.

Malang., P. P. (2010). 31 BAB III METODE PENELITIAN A. Desain Penelitian Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian studi literature atau systematic r . http://perpustakaan.poltekkes-malang.ac.id/assets/file/kti/P17111171016/14._BAB_III_.pdf.

Mulyadi, Y. (2016). Psikologi Keteladanan Guru dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan,, 4(1), 23-32.

Nijar, M. F. (2019). Implikasi Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa di SMAN 1 Jetis. Electronic Theses of IAIN Ponorogo.

Novita, P. (2016). Kurangnya Informasi Kebutuhan dan Distribusi Guru. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhayati, D. (2016). Implementasi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Muhammadiyah 1 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurjanah, A. S. (2020). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI PEMBELAJARAN IPS. perpustakaan.upi.edu.

Raga Perkasa Septiaji, E. N. (2023). Peran Guru BK dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Melalui Bimbingan Belajar di SMP Muhammadiyah 1 Mlati Sleman Yogyakarta. Jurnal IICET., Vol. 8, No. 1, pp. 52-60.

Sari, I. P. (2020). Implikasi Psikologi Keteladanan Guru Terhadap Kepribadian Siswa. . Jurnal Pendidikan, 5(2), 67-76.

Sarjana, S., & Khayati, N. (2017). Pengaruh Etika, Perilaku, Dan Kepribadian Terhadap Integritas Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(3), 379–393. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.450

Suyitno, S. (2021). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900

Vianita Zulyan, S., Pitoewas, B., & Adha, M. M. (2014). Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik. JURNAL PUBLIKASI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.